Ketua PMI Babel Abdul Fatah Tekankan Tiga Hal ini dalam Musker PMI Belitung 2023

PMI BABEL, BELITUNG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di awal bulan Agustus 2023 ini menjadi pusat perhatian bagi PMI, karena menggelar Musyawarah Kerja (Musker).

Musker dimaksudkan untuk merumuskan strategi lebih lanjut demi meningkatkan efektivitas dan dampak positif dari operasi-operasi kemanusiaan yang PMI Belitung jalankan pada tahun yang akan mendatang.

Hal diungkapkan Ketua PMI Belitung dokter Suhandri dalam sambutan pembukaan Musker PMI Belitung, Sabtu (12/8/2023).

Dokter Suhandri mengatakan, peran PMI mendukung upaya pemerintah dalam penanggulangan bencana dan pemulihan masyarakat pasca-bencana sangat penting.

Maka dari itu, Ia mengapresiasi dedikasi para relawan, dan mengajak semua pihak untuk terus mendukung PMI dalam upaya kemanusiaan, serta menyebutkan langkah–langkah proaktif dalam menghadapi situasional yang akan berubah – ubah kedepannya.

”Ini merupakan dorongan dan motivasi kami pada musyawarah tingkat kabupaten ini, agar lebih semangat lagi dalam menyusun kegiatan 2024 nanti, seiring mengikuti perkembangan iklim, wabah, dan situasi kedepannya,” ujar Suhandri.

Sementara itu, Ketua PMI Babel Abdul Fatah menekankan tiga hal dalam Musker PMI Belitung Tahun 2023 itu, terutama pada diskusi penyusunan serta evalusi kinerja PMI Kabupaten Belitung.

Tiga poin sesuai dengan Misi PMI Pusat masa 2019 – 2024 itu, kata Abdul Fatah, Pertama, PMI Kabupaten Belitung turut memelihara reputasi organisasi PMI di tingkat nasional dan internasional.

Kedua, PMI Belitung turut menjadi organisasi kemanusiaan terdepan yang memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat sesuai dengan prinsip – prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah.

Ketiga, PMI Belitung turut meningkatkan integritas dan kemandirian organisasi melalui kerjasama strategis yang berkesinambungan dengan pemerintah, swasta, mitra gerakan, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya disemua tingkatan pmi dengan mengutamakan keberpihakan kepada masyarakat yang memerlukan bantuan.

Tidak membahas operasi darurat, tetapi juga, kata Abdul Fatah, pencegahan bencana menjadi perhatian penting dalam musyawarah ini.

PMI Belitung harus berkomitmen untuk terus meningkatkan kampanye penyuluhan kepada masyarakat tentang langkah-langkah pencegahan bencana, termasuk dalam hal adaptasi perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan.

Pengurus PMI Pusat H. Muhammad Muas, menekankan integritas para Pengurus PMI Kabupaten dan para relawan dalam menghadapi bonus demokrasi Indonesia kedepannya.

“Harus kita jemput, karena kita akan menuju negara tahun 2045. Musyawarah Kerja ini menjadi bagian yang sangat diperlukan untuk membangun secara nasional baik budaya, sumber daya manusia, sesudah itu menghadapi perubahan iklim yang mana elnino akan masuk ke Indonesia. Bagaimanpun karakter relawan remaja pada saat ini harus kita jaga supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

Bupati Belitung diwakili Asisten I Perekonomian dan Kesra Setda Kabupaten Belitung Bakti Hauriansyah dalam saat membuka Musker PMI Belitung tersebut mengatakan, semua pihak termasuk PMI memahami bahwa dalam menghadapi bencana yang semakin kompleks dan meluas, kerja sama yang solid antarlembaga adalah kunci untuk memberikan bantuan efektif dan tepat waktu kepada masyarakat.

Pembukaan Musker diisi salah satunya dengan pemberian Piagama Penghargaan kepada relawan PMR yang mengikuti kegiatan Jumbara Nasional dan pemberian operasional anggaran sebesar 5 juta rupiah kepada PMI perwakilan kecamatan di Kabupaten Belitung.

Penghargaan dan bantuan operasional ini diharapkan akan menjadi dorongan bagi semua pihak untuk terus berjuang demi kemanusiaan.

Musyawarah Kerja PMI Belitung 2023 mengusung tema “Bersatu Demi Kemanusiaan,” berlangsung di Green Tropical Village Hotel & Resort, Tanjungpandan tersebut dihadiri Asisten I Perekonomian dan Kesra Kabupaten Belitung Bakti Hauriansyah, Pengurus PMI Pusat H. Muhammad Muas, Ketua PMI Bangka Belitung Abdul Fatah, Sekretaris PMI Babel Aswandi, Kabid Organisasi PMI Babel Arbian, Ketua PMI Belitung dokter Suhandri beserta jajaran Pengurus PMI Belitung, unsur Forkopimda Belitung, Pengurus PMI Kecamatan, para relawan, termasuk anggota PMR yang telah turun tangan dalam mengikuti kegiatan Jumbara Nasional IX 2023 di Lampung.

Penulis: Zul

Foto    : Zul

Editor : Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *