Breaking News
Home > Berita > HGN, Puskesmas Parittiga Bersama Yayasan Bakti dan PMI Babar Gelar Donor Darah

HGN, Puskesmas Parittiga Bersama Yayasan Bakti dan PMI Babar Gelar Donor Darah

Petugas medis Puskesmas Sekar Biru saat melakukan tranfusi darah warga di Kemacatan Parittiga.

PARITTIGA – Dalam rangka memperingati hari guru nasional (HGN) 2022, Puskesmas Sekar Biru bekerja sama dengan Yayasan Bakti Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Babar menggelar donor darah dan Cek Kesehatan gratis. 

Firli Kepala Puskesmas Sekar Biru mengatakan, kegiatan Kampung Donor Puskesmas Sekar Biru berjalan setiap tiga bulan sekali.

Untuk cek Kesehatan lebih difokuskan kepada Penyakit Tidak menular (PTM) bagi masyarakat.

“Terima kasih kepada Ketua Yayasan Bakti beserta pengurus atas bantuannya serta kepada pihak PMI Bangka Barat, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana secara terus menerus,” harap Firli.

Para petugas medis Puskesmas Sekar Biru foto bersama disela giat donor darah.

Rusli Ketua Yayasan Bakti mengatakan, selain itu donor darah dan cek Kesehatan gratis, dalam rangka memperingati hari guru nasional tahun ini, Yayasan Bakti Parittiga juga menggelar upacara.

“Khusus kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan stok darah di wilayah Bangka Barat, dan membantu masyarakat mengetahui masalah kesehatannya,” ungkap Rusli.

Sekretaris PMI Bangka Barat Derry mewakili Ketua PMI Bangka Barat dr Hendra mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Sekar Biru yang telah rutin setiap tiga bulan sekali mengadakan donor darah.

Begitu pula dengan Yayasan Bakti yang telah peduli dan sudi membantu pelaksanaan kegiatan donor darah ini. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para pendonor di wilayah Kecamatan Parittiga yang dengan ikhlas menyumbangkan darahnya melalui PMI,” tuturnya.

PMI Bangka Barat, ditambahkannya, akan terus berusaha dalam memenuhi kebutuhan darah di wilayah Bangka Barat, dengan cara bekerja sama dengan instansi-instansi pemerintah daerah yang berada di wilayah Bangka Barat, termasuk dengan pihak swasta dan BUMN.

“Kami mengimbau kepada warga Bangka Barat, bahwa PMI Bangka Barat tidak pernah meminta bayaran kepada keluarga pasien yang membutuhkan darah lewat WA atau telepon. Karena akhir-akhir ini ada kasus keluarga pasien di telepon atau via WA oleh orang yang tidak bertanggung jawab meminta uang untuk penggantian biaya donor darah. Kami imbau agar masyarakat berhati-hati,” imbaunya.

Dalam giat kali ini, Yayasan Bakti memberikan bingkisan kepada para pendonor berupa minyak goreng, makanan ringan beserta minuman kesehatan.

Sebelumnya, Sabtu (19/11/2022) kemarin, PMI Bangka Barat juga melakukan giat donor darah di Kelurahan Keranggan Muntok, Kamis (24/11/2022) giat donor darah di  Mako Polairud Polres Bangka Barat dalam Rangka HUT Ke-72 Polairud.

Pada Selasa (29/11/2022) mendatang PMI Bangka Barat akan melaksanakan giat donor darah di Pemda Bangka Barat dalam rangka HUT KORPRI, dan Rabu (30/11/2022) akan melasanakan giat donor darah di Kecamatan Jebus.

Penulis: Humas PMI Bangka Barat

Foto    : Humas PMI Bangka Barat

Editor : Ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*