Breaking News
Home > Berita > TKRD II Resmi Dimulai, Abdul Fatah Dorong Relawan PMI Punya Semangat Tinggi

TKRD II Resmi Dimulai, Abdul Fatah Dorong Relawan PMI Punya Semangat Tinggi

Ketua dan jajaran Pengurus PMI Provinsi Babel foto Bersama Bupati Belitung dan peserta TKRD II 2022, Kamis (27/10/2022).

PMIBABEL, BELITUNG – Temu Karya Relawan Daerah (TKRD) II Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (27/10/2022) resmi dimulai.

Kegiatan yang dipusatkan di Pantai Gusung Bugis, Desa Juru Seberang, Kecamatan Tajungpandan Kabupaten Belitung, diikuti Relawan PMI Kabupaten/Kota se-Babel itu, berlangsung 26 – 30 Oktober 2022, dan dibuka Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin diwakili Kepala Dinas Kesehatan Babel dr Andri Nurtito.

Pj Gubernur dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Babel dr Andri mengajak untuk terus memupuk semangat jiwa sukarela, menyebarkan dan menularkannya kepada segenap masyarakat.

Ketua PMI Babel bersama Bupati Belitung di Pembukaanm TKRD II PMI Provinsi Babel.

“Terus tebarkan kebaikan sekaligus membantu tugas-tugas kemanusiaan dan bergerak bersama bagi sesama. Saat ini covid 19 sudah melandai, dan mudah-mudahan tak berapa lama lagi akan hilang,” katanya.

Namun, lanjut dia, tantangan dalam menghadapi bencana non alam harus terus diwaspadai, dan di persiapan jika sewaktu-waktu datang hal-hal yang tak terduga dengan cara mengurangi dan mencegah munculnya risiko timbulnya penyakit.

Cara yang paling mudah dilakukan, ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Babel adalah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sebarkan dan ajarkan serta berilah contoh kepada masyarakat tentang pentingnya PHBS tersebut.

Sementara itu, Ketua PMI Babel Abdul Fatah mendorong para relawan agar selalu memiliki semangat tinggi dalam menjalankan tugas kemanusiaan.

“Saya harapkan pada TKRD ini, relawan PMI yang diikuti korps sukarela /KSR dan tenaga sukarela /TSR agar terus memiliki semangat tinggi, terus tebar kebaikan, sekaligus membantu tugas kemanusiaan dan bergerak bersama untuk sesama,” ajak Fatah.

Termasuk pelaksanaan visi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dalam penanganan bencana, penanganan konflik, penyediaan darah yang aman dan sehat, serta pembinaan relawan untuk tugas bidang kemanusiaan.

Ketua PMI Babel Abdul Fatah juga mengingatkan bahwa relawan adalah garis terdepan. “Jangan berhenti disini, masyarakat berharap agar keterampilan, semangat, dan pengetahuan yang didapat melalui interaksi dan komunikasi pada temu karya relawan daerah ke – II ini, bisa menjadi kampanye dan amunisi di lingkungan masing – masing,” ujar Fatah.

Dalam kesempatan sama Bupati Belitung Sahani Saleh ikut mendorong relawan – relawan PMI untuk turut serta membantu menekan tingkat pertumbuhan angka stunting menjadi turun.  

Peserta TKRD II Provinsi Babel tahun 2022 ini, terdiri dari relawan PMI Kabupaten Bangka 15 orang, PMI Bangka Barat 10 orang, PMI Belitung 15 orang, PMI Kota Pangkalpinang 13 Orang.

Selain Pj Gubernur diwakili Kadinkes Babel, Bupati Belitung, Ketua PMI Babel, Ketua PMI Belitung, Pembukaan TKRD II PMI Provinsi Babel tersebut turut dihadiri Kasat Binmas Polres Belitung, perwakilan Danlanud Belitung, Kepala Dinas Pendidikan Belitung, jajaran Pengurus PMI Provinsi Babel, dan peserta TKRD II.

Penulis: Zul

Foto    : Zul

Editor : Ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*