Breaking News
Home > Berita > Lagi, Kecamatan Payung Sumbang Puluhan Kantong Darah ke PMI Basel

Lagi, Kecamatan Payung Sumbang Puluhan Kantong Darah ke PMI Basel

Penyerahan bingkisan dari PMI kepada pendonor darah di Kecamatan Payung.

PMIBABEL, PAYUNG – Lagi, masyarakat di Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyumbangkan puluhan kantong darah ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Darah segar itu diberikan melalui kegiatan donor darah yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Payung, Jumat (30/09/2022).

Camat Payung Arman, mengatakan pihaknya mengadakan donor darah ini untuk membantu memenuhi kebutuhan stok darah di Negeri Beribu Pesona Bangka Selatan.

“Kami mendapat dukungan dari TNI Koramil 0413-03/Payung dan Polri, ASN dan masyarakat sekitar dan kecamatan,” ujar Arman.

Pendonor darah saat menyumbangkan darahnya melalui kegiatan donor darah di Kecamatan Payung, Jumat (30/9/2022).

Menurutnya, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan donor darah, terutama bagi orang lain yang membutuhkan. Sumbangan darah dari satu orang bahkan dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa.

“Ini merupakan wujud kepedulian kami dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan darah. Saya sendiri sebagai pendonor rutin. Semoga nanti semakin banyak warga yang mau menyumbangkan setetes darahnya untuk membantu sesama,” harapnya.

Ketua PMI Basel Debby Vita Dewi, mengapresiasi Kecamatan Payung yang menggelar giat donor darah ini.

“Terima kasih kepada Camat Payung, masyarakat beserta Anggota Koramil 0413-03/Payung dan Polri yang telah ikut mendonorkan darahnya. Ini merupakan wujud kepedulian kita dalam memenuhi kebutuhan darah masyarakat, khususnya untuk masyarakat Basel,” ungkapnya.

Debby yang saat ini juga menjabat Wabup Basel mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan donor darah, agar bisa membantu orang lain yang membutuhkan.

“Kepada masyarakat khususnya masyarakat Basel, ayo kita menjadi bagian dari aksi kemanusian ini. Karena, donor darah untuk menyelamatkan nyawa manusia. Yakinlah dengan mendonorkan darah darah, kita sehat, mereka selamat. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan mendapat keberkahan dan menjadi amal pahala untuk kita semua,” tutup Debby.

Puluhan kantong darah yang didapat PMI Basel tersebut, terdiri dari golongan darah AB sebanyak 5 kantong, darah B sebanyak 8 kantong, darah A sebanyak 3 kantong, dan darah O sebanyak 4 kantong.

Sekretaris PMI Basel Iskandar menyebutkan, Kecamatan Payung di tahun 2022 ini, sudah  berhasil menyumbang darah sebanyak 62 kantong dalam 3 kegiatan, yang dilaksanakan oleh SMPN 1 Payung 21 kantong, RSUD Kriopanting 21 Kantong, dan Kecamatan Payung 20 kantong darah.

“Setelah Payung, yang telah masuk daftar tunggu untuk kegiatan donor darah di bulan Oktober 2022, Bank Sumsel Babel Sabtu 8 Oktober 2022, dan 28 Oktober 2022 dalam kegiatan KKN IAIN SAS di Desa Nadung, Payung,” kata M.M. Iskandar.

Penulis: Dani.

Foto     : Dani

Editor  : Ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*