Breaking News
Home > Berita > Gandeng Pemdes Tukak, PMI Basel Aksi Donor di Kawasan Wisata “Jembatan Cinta”  

Gandeng Pemdes Tukak, PMI Basel Aksi Donor di Kawasan Wisata “Jembatan Cinta”  

 
Para pendonor saat mendonorkan darahnya melalui petugas medis saat pelaksanaan giat donor darah, Sabtu (3/9/2022) di Kawasan Wisata Pantai “Jembatan Cinta”.

PMIBABEL, BANGKA SELATAN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai menggeliatkan lagi kegiatan donor darah, setelah sempat tersendat-sendat lantaran Pandemi Covid-19 selama lebih kurang 2 tahun kemarin.

Seperti pada Sabtu (3/9/2022), menggandeng Pemerintah Desa (Pemdes) Tuka, Kecamatan Tukak Sadai, PMI Basel kembali menggelar aksi donor darah di kawasan wisata Pantai “Jembatan Cinta” Desa Tukak.

Kegiatan tersebut turut didukung sejumlah organisasi yang ada di desa setempat, diantaranya Karang Taruna, Komunitas Pemuda Desa, Pokdarwis, dan TP PKK Desa Tukak.

Ketua PMI Basel Debby Vita Dewi mengatakan, aksi kali ini diikuti pendonor baik dari Perangkat Desa Tukak maupun masyarakat umum.

Dari 14 orang pendaftar, hanya 6 orang yang bisa mendonorkan darahnya, dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkan tidak bisa mendonorkan darah, seperti hipertensi, HB rendah dan lainnya.

“Alhamdulillah hari Sabtu ini kami berhasil mendapatkan 6 kantong darah dari para pendonor, dengan rincian golongan darah A sebanyak 2 kantong, golongan darah B sebanyak 2 kantong, O sebanyak 1 kantong, golongan darah AB sebanyak 1 kantong. Darah ini langsung diserahkan ke UTD RS Umum Basel,” kata Debby.

Debby yang saat ini juga menjabat Wakil Bupati Basel, menyampaikan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi kepada Holbi Kepala Desa Tukak, beserta seluruh panitia dan jajarannya yang telah bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan kegiatan donor darah ini.

“Terima kasih atas suport kegiatan donor darah dalam rangka Pesta Rakyat memeriahkan HUT Ke-77 RI oleh Pemdes Tukak di Gedung Puja Sera Wisata Pantai “Jembatan Cinta” ini. Semoga giat ini menjadi ladang amal untuk kita semua. Teruslah berbuat baik dan bermanfaat untuk orang banyak,” imbau Debby.

Sementara itu, Holbi Kepala Desa Tukak menyebutkan, pelaksanaan donor darah ini sebagai wujud kemanusiaan Pemdes Tukak terhadap sesama.

Menurut Holbi, ini tindakan sederhana yang bisa dilakukan setiap orang untuk membantu sesama guna menambah stok darah PMI Basel.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat Desa Tukak dan sekitarnya yang telah bersedia mendonorkan darah untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga ini terus berlanjut dan masyarakat semakin antusias,” harapnya.

Selain bentuk aksi kepedulian, Kades Tukak Holbi juga ikut mendonorkan darahnya mengutarakan manfaat dari donor darah, antara lain mengurangi risiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol, dan menjadikan pikiran lebih stabil. “Donor juga menyehatkan,” tegas Kades Tukak.

Para calon pendonor harus memenuhi beberapa persyaratan medis ketika akan mendonorkan darahnya, meliputi cek tekanan darah dan berat badan yang ideal, kecukupan waktu tidur, tidak dalam keadaan sedang datang bulan, tidak memiliki penyakit, dan tidak mengonsumsi obat minimal sejak satu minggu sebelumnya.

Usai di Tukak Sadai, PMI Basel akan melanjutkan aksi serupa dengan menggandeng Partai Demokrat dalam rangka HUT Partai Demokrat pada 9 September 2022 di Jenderal Sudirman, Toboali.

Penulis: Dani

Foto    : Dani

Editor : Ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*