Breaking News
Home > Berita > Bersama Gubernur Babel, PMI Bangka Barat Turut Hijaukan Kawasan Bukit Menumbing

Bersama Gubernur Babel, PMI Bangka Barat Turut Hijaukan Kawasan Bukit Menumbing

Sekretaris PMI Bangka Barat saat menanam pohon secara simbolis bersama Pj Gubernur Babel, di Kawasan Bukit Menumbing.

PMIBABEL, MENTOK –  Salah satu wujud nyata peduli terhadap lingkungan diperlihatkan jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Barat. Bersama Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, PMI wilayah barat Pulau Bangka itu, turut serta menghijaukan Kawasan Taman Hutan Raya Bukit  Menumbing, Mentok Bangka Barat.

Kegiatan yang dibungkus melalui Gerakan Hijau Biru Babelku Minggu (14/8/2022) itu, diinisiasi Pj. Gubernur Babel, Ridwan Djamaludin, dimana lokasi penanaman tersebut sebelumnya merupakan lahan kritis akibat aktivitas penambangan timah illegal.

Penanaman pohon juga dilakukan secara bergantian oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bangka Barat sebagai tanda dimulainya Parade Penghijauan di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Pohon yang ditanam mencapai 600 batang, dari berbagai jenis dilahan seluas satu hekter, juga diikuti Bupati Bangka Barat, Sukirman, Jajaran Forkompinda Babar, pelajar SMA/SMK, Karang Taruna setempat, Organisasi Masyarakat, Pemuda dan Instansi terkait lainnya, termasuk PT. Pupuk Indonesia dan PT Timah.

Sekretaris PMI Bangka Barat bersama Pj Gubernur Babel, disela penanaman pohon di Kawasan Bukit Menumbing.

Pj Gubernur mengatakan, semua pihak yang turut serta pada kegiatan penghijauan ini menunjukkan komitmen yang sama, sesuai dengan tujuan dan misi Pj Gubernur untuk melakukan penghijauan dan menjaga hutan di Babel agar kembali asri.

“Ini adalah gerakan akar rumput, semoga nanti rumput-rumput ini akan tumbuh menjadi pohon-pohon yang besar. Ini juga merupakan gerakan masyarakat yang Insya Allah masifnya tidak kalah dari pertambangan illegal,” kata Ridwan Djamaludin.

Ia juga mengaku bangga keterlibatan anak-anak pelajar. “Saya sangat bangga, karena anak-anak atusias untuk terlibat. Mereka juga paham serta sadar terhadap kondisi alam dimasa depan,” tambah Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin.

Ketua Tim Penggerak Gerakan Hijau Biru Babelku, Bambang Dwi Hartono menyampaikan, terdapat ratusan pohon yang ditanam guna menghijaukan kembali lahan eks tambang, diantaranya Pelawan 400 batang, Alpukat 60 batang, kopi 150 batang, jeruk 150 batang, pucuk merah 1.600 batang.

Bambang Dwi Hartono mengucapkan terima kasih kepada PMI Bangka Barat atas partisipasi mengikuti kegiatan gerakan Hijau Biru Babelku ini. “Karena tanpa kebersamaan semua mustahil dapat kita laksanakan,” ujarnya.  

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming-Ming mendukung penuh kegiatan Gerakan Hijau Biru Babelku, yang diinasiasi oleh Pj Gubernur Babel.

“Kita mendukung penuh program ini. Program ini merupakan ide besar untuk melakukannya prosesnya pun tidak mudah butuh dukungan semua pihak. Karena kita tahu Menumbing ini tempat bersejarah. Tempat pemimpin bangsa Indonesia terdahulu diasingkan, harus kita jaga sama-sama,” terang Bong Ming Ming.

Gerakan Hijau Biru  Babelku memiliki makna hijau diartikan dengan pemberian bibit pohon kepada para pelajar untuk ditanam di rumah masing-masing, sedangkan Biru, dimaknai dengan adanya pelepasan ikan endemik Bangka.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pengarah Karang Taruna Bangka Barat, Trisno Widodo di sela kegiatan Gerakan Hijau Biru Babelku.

Selain itu, Trisno Widodo mengharapkan kesadaran dari seluruh Masyarakat Babel dan organisasi yang ada seperti PMI Bangka Barat yang telah ikut serta menyukseskan Pencanangan dan Penanaman di gerakan Hijau Biru Babelku ini.

“Sebelumnya memang sudah ada salah satu Pengurus PMI Bangka Barat yang bertemu saya dan akan ikut berpartisipasi di Gerakan Hijau Biru Babelku ini, saya sangat berterima kasih kepada PMI Bangka Barat, dan berharap untuk berikutnya PMI yang ada di Babel ini dapat ikut serta,” harap Trisno Widodo.

PMI Bangka Barat diwakili Sekretaris PMI Bangka Barat, Derry mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengundang dan memberikan kepercayaan kepada PMI Bangka Barat dalam kegiatan penanaman pohon di Gerakan Hijau Biru Babelku ini.  

PMI Bangka Barat juga mendukung kegiatan penanaman pohon ini. “Sebenarnya selain kegiatan kemanusiaan seperti donor darah, vaksin, pertolongan pertama, PMI juga bergerak di kegiatan kemasyarakatan salah satunya adalah kegiatan peduli terhadap lingkungan,” jelas Derry.

Selain penanaman bibit pohon, acara pencanangan Gerakan Hijau Biru Babelku ini melakukan pelepasan ikan air tawar endemik Bangka Belitung yang terdiri dari delapan jenis ikan native atau ikan asli di perairan Babel oleh Pj Ketua TP PKK Babel, pelepasan burung perkutut oleh Pj Gubernur beserta Forkopimda Babar, serta penyerahan secara simbolis pupuk dari Indonesia kepada ketua Tim Penggerak Gerakan Hijau Biru Babelku.

Penulis: Ahmad/Tim PMI Bangka Barat

Foto    : PMI Bangka Barat

Editor  : Ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*