Breaking News
Home > Berita > Begini Arahan Abdul Fatah Pada Peserta Lokalatih Perencanaan dan Pelaporan PMI Babel

Begini Arahan Abdul Fatah Pada Peserta Lokalatih Perencanaan dan Pelaporan PMI Babel

Ketua PMI Babel Abdul Fatah memberikan pengarahan di Lokalatih Perencanaan dan Pelaporan PMI Babel.(foto: zul).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah membuka secara resmi Lokalatih Perencanaan dan Pelaporan, yang diselenggarakan Bidang Organisasi PMI Provinsi Babel di Sun Hotel Pangkalpinang, 22-23 Juni 2022.

Dalam arahannya, Abdul Fatah mengajak kepada seluruh jajaran PMI di Bangka Belitung, agar memahami betul sebuah perencanaan sebuah kegiatan hingga ke pelaporannya.   

Menurutnya, untuk membuat sebuah perencanaan program kegiatan, harus diperhatikan adalah scaning lingkungan, baik internal dalam organisasi PMI itu sendiri maupun ekternal. Internal berkenaan dengan sumber daya manusianya, sedang ekternal berkenaan dengan kondisi yang terjadi di masyarakat seperti pemberian bantuan di kala terjadi bencana.

“Jadi, sebelum merencanakan, tentukan isu-isu strategis teranyar dan prioritas terlebih dahulu.  Setelah penentuan perencanaan, kemudian pelaksanaan kegiatan, maka yang harus diperhatikan secara serius adalah pelaporannya,” ujar Abdul Fatah.

Ketua PMI Babel Abdul Fatah bersama Pengurus PMI Babel, Narasumber dan Peserta Lokalatih Perencanaan dan Pelaporan PMI Babel.(foto: zul).

Ingat! Ditegaskan Ketua PMI Babel Abdul Fatah, pelaporan yang dibuat harus mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku. Apalagi anggaran yang digunakan berkenaan dengan dana hibah pemerintah.

“Kita, dalam mengelola keuangan yang bersumber dari hibah pemerintah harus sesuai dengan norma-norma yang telah ditetapkan. Kepada jajaran PMI di Babel, jangan malas membuat laporan,” imbau Abdul Fatah.

Selain hal di atas, Abdul Fatah juga mengingatkan kepada seluruh PMI yang ada di Bangka Belitung, agar mulai menggandeng mitra atau perusahaan-perusahaan dalam pelaksanaan kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI.

“PMI di Babel jangan hanya bergantung kepada dana hibah pemerintah daerah. Tapi bisa mencari sponsor melalui dana-dana CSR perusahaan yang ada.

Tak lupa Abdul Fatah mengajak delegasi PMI Provinsi, Kabupaten dan Kota yang menjadi peserta Lokalatih Perencanaan dan Pelaporan, untuk menyimak dan memahami materi yang disampai para narasumber. Sementara itu, dalam pembukaan kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, turut dihadiri sejumlah Pengurus PMI Provinsi, Kota Pangkalpinang, dan mengetengahkan tiga orang narasumber, yakni Herry Firmansyah Kepala Biro Perencanaan PMI Pusat; Erna Cahyani dari PMI Provinsi DKPU Jakarta; dan Nuzlan Huda dari PMI Sumatera Barat.

Penulis: Ahmad S

Foto : Zul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*