Breaking News
Home > Berita > PMI Basel Bersama RS Kriopanting Gelar Aksi Donor, Debby Berharap Banyak Masyarakat jadi Pendonor

PMI Basel Bersama RS Kriopanting Gelar Aksi Donor, Debby Berharap Banyak Masyarakat jadi Pendonor

Ketua PMI Basel Debby foto bersama disela pelaksanaan donor darah di RS Kriopanting, Rabu (25/5/2022).(foto: pmi basel).

PMIBABEL, PAYUNG – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia ke-114 tahun, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Selatan (Basel)  bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Binda Basel, dan RS Kriopanting Payung, menggelar aksi donor darah.

Aksi donor mengusung tema “berbakti untuk negeri berbakti untuk rakyat” pada Rabu (25/5/2022) itu, dilaksanakan sekaligus memperingati Hari Palang Merah Sedunia yang jatuh pada 8 Mei 2022 kemarin.

Selain donor darah, dalam waktu bersamaan PMI Basel yang di pimpin langsung Ketua PMI Basel Debby Vita Dewi, juga menggelar vaksinasi Covid-19.

Debby yang saat ini juga menjabat Wakil Bupati Basel berharap betul kegiatan terbuka untuk umum seperti ini banyak masyarakat yang jadi pendonor.

Debby Ketua PMI Basel memberikan sambutan sesaat sebelum pelaksanaan aksi donor darah.(foto: pmi basel).

“Kegiatan ini kami lakukan karena banyak sekali permintaan darah dari masyarakat, sedangkan stok darah di Rumah Sakit tidak ada. Jadi, kami inisiasi kegiatan ini, agar mendapatkan solusi bagaimana masyarakat yang membutuhkan darah tidak susah lagi mendapatkan,” ujarnya.

Setiap hari,  informasi dari masyarakat, disebutkan Ketua PMI Basel itu, pasti selalu kekurangan darah. “Memang tidak ada stok darah di Rumah Sakit. Mudah-mudahan banyak masyarakat yang datang menjadi pendonor darah, baik di kegiatan donor darah kali ini, maupun ketika masyarakat membutuhkan darah,” harapnya.

PMI Basel, ditegaskan Debby, akan membantu masyarakat dengan memberikan pelayanan sampai ke pelosok desa.

Kepada masyarakat pendonor, kata Debby Vita Dewi, tak perlu khawatir terhadap darah yang telah didonorkan, karena darah yang terkumpul ini murni disimpan untuk masyarakat Basel ketika ada yang membutuhkan.

Dokter Helen Sukendy Direktur Utama RS Kriopanting Payung mengatakan, pihaknya akan melakukan secara rutin tiga bulan sekali kegiatan donor darah ini, bekerja sama dengan PMI Basel.

Ia menyebutkan, RS Kriopanting saat ini telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, dari aksi donor darah tersebut, berhasil dikumpulkan sebanyak 16 kantong darah dengan rincian darah A = 3 kantong, darah B = 7 kantong, darah AB = 1 kantong, dan darah O = 5 kantong.

Salah seorang warga saat divaksin covid-19.(foto: pmi basel).

Darah-darah ini, disimpan di blood bank refrigerator (lemari pendingin) unit tranfusi darah Rumah Sakit Umum Basel, dengan kapasitas sebanyak 100 kantong darah dan waktu penyimpanannya maksimal selama 1 bulan.

Launching Call Center dan Medsos

PMI Bangka Selatan selain menggelar aksi donor darah dan vaksinasi Covid-19, di yang sama melaunching Call Center dan Media Sosial (Medsos) PMI Basel, yang dilakukan secara langsung oleh Ketua PMI Basel Debby Vita Dewi.

Call Center PMI Basel itu adalah 0858 8999 9765, Facebook (Pmi Basel), Instagram (pmi.bangkaselatan).

Tak lupa pula, sebelum meninggalkan lokasi aksi donor darah, Ketua PMI Bangka Selatan Debby menyempatkan diri menjenguk pasien yang dirawat di RS Kriopanting. (rel/dani).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*