Breaking News
Home > Berita > PMI Babel Kembali Giatkan Aksi Donor Darah

PMI Babel Kembali Giatkan Aksi Donor Darah

Ketua PM Babel Abdul Fatah foto bersama Pengurus PMI Babel dan pendonor darah, di Kantor Bakuda Babel, Jumat (13/5/2022).(foto: nurul).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Setelah beberapa minggu belakangan kondisi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai mereda, bahkan boleh dikatakan berada di titik nol terkonfirmasi Covid, Palang Merah Indonesia (PMI) Babel langsung kembali menggiatkan aksi donor darah.

Aksi donor darah perdana yang diselenggarakan PMI Babel pada tahun 2022, bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) Kota Pangkalpinang Jumat (13/5/2022) tersebut, dilaksanakan di Kantor Bakuda Babel.

Abdul Fatah Ketua PMI Babel disela-sela meninjau pelaksanaan donor darah di Kantor Bakuda mengatakan, saat ini kebutuhan darah terus meningkat.

Kepala Bakuda Babel, Haris foto bersama Pengurus PMI Babel.(foto: nurul).

“Oleh karena itu, saya berpandangan sudah saatnya bulan Mei ini kita mulai lagi aksi donor darah. Sasarannya masih di lingkup organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Babel. Setelah itu kita akan menyebar ke instansi vertical, seperti korem, polda, dan instansi vertical lainnya,” ujar Fatah.

Untuk aksi donor darah ke instansi vertical Abdul Fatah akan menemui langsung pimpinan-pimpinan. “Kita harapkan dengan partisipasi ini, kita bisa saling membantu didalam memenuhi kebutuhan darah sesama kita, khususnya di Babel,” ungkapnya.

Selain kembali melakukan aksi donor darah, lanjut Fatah, PMI Babel juga akan kembali menggelar kegiatan vaksinasi booster pada bulan Juni mendatang di Belitung, akan bekerja sama dengan Polda melalui Polresnya dan berkolaborasi dengan salah satu Partai Politik seperti Partai Nasdem di Beltim.

“Kita PMI jangan pernah berhenti memberikan bantuan terhadap masyarakat. Kepada para Pengurus PMI Provinsi 2019-2024 mari bisa saling kerja sama dan kolaborasi untuk kemanusiaan,” ajak Wakil Gubernur Periode 2017-2022 itu.

Ketua PMI Babel Abdul Fatah meninjau pelaksanaan aksi donor darah di Kantor Bakuda Babel, Jumat (13/5/2022).(foto: nurul).

Saat yang Tepat Donorkan Darah

Kabid Pelayanan Darah PMI Babel dokter Andri Nurtito mengatakan, setelah berpuasa Ramadan sebulan penuh, secara medis kesehatan terjaga.

“Setelah Puasa Ramadan, sekarang saat yang tepat untuk mendonorkan darah yang akan membuat kita menjadi lebih sehat lagi,” kata Andri.

Andri yang saat ini menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir.

“Mari kita terus mendonorkan darah untuk membantu sesama, karena sampai saat ini persediaan darah masih kurang. Bahkan ada masyarakat yang dirawat di rumah sakit dan membutuhkan darah, namun masih belum terpenuhi darah yang dibutuhakn itu, lantaran persediaan darah kurang,” beber dokter Andri.

Bagi pendonor darah aktif yang sudah 3 bulan donor, segeralah donor kembali, sehingga bisa membantu kebutuhan darah masyarakat.

Untuk ASN OPD Pemprov Babel, sesuai arahan Ketua PMI Babel, ditambahkannya, setiap dua minggu sekali akan ada gerakan ASN mendonorkan darah. Masing-masing OPD giliran. “Kami akan berikan jadwalnya nanti,” tutur Andri.

Sementara itu, pada aksi donor darah di Kantor Bakuda Babel tersebut, didapat sebanyak  23 kantong darah dari pegawai ASN Bakuda dan sekitarnya.

Penulis : Ahmad S

Foto : Nurul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*