Breaking News
Home > Berita > Buka Pelatihan Kapasitas SDM, Abdul Fatah Ingin PMI Babel Sejajar dengan Provinsi Lain

Buka Pelatihan Kapasitas SDM, Abdul Fatah Ingin PMI Babel Sejajar dengan Provinsi Lain

Ketua PMI Babel Abdul Fatah didampingi jajaran Pengurus PMI Babel foto bersama Peserta Pelatihan Kapasitas SDM PMI Tahun 2022.(foto: nasrul).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Drs. H. Abdul Fatah, M.Si membuka secara resmi Pelatihan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) 2022 yang diselenggarakan Bidang Relawan PMI Babel.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun SDM PMI Digital dan Siap Saing” berlangsung selama tiga hari sejak 18 April hingga 20 April 2022 di Markas PMI Babel tersebut, menghadirkan tiga Pamateri, dan diikuti utusan Staf dan Relawan PMI Provinsi, Kabupaten dan Kota Se-Babel.

Abdul Fatah yang juga menjabat Wakil Gubernur Babel dalam sambutannya mengatakan, saat ini kehidupan sosial masyarakat dibelahan dunia telah mengalami perubahan sangat luar biasa, terutama di tengah Covid-19. Seluruh tatanan dibuat berubah, termasuk cara berkomunikasi.

“Berkenaan dengan hal di atas, kalau kita tidak membenahi diri, tidak meningkatkan kompetensi kita berkaitan dengan era yang kita masuki saat ini, yaitu semula kita melakukan suatu kegiatan, aktivitas yang sifatnya konvensional bergeser ke dunia digital. Kita tidak boleh diam. Kalau kita diam, bearti kita akan ketinggalan,” ujarnya.

Ketua PMI Babel Abdul Fatah saat membuka Pelatihan Kapasitas SDM PMI Tahun 2022 di Markas PMI Babel, Senin (18/4/2022).(foto: nasrul).

Jika sudah ketinggalan, maka informasi yang didapat tidak akan memiliki nilai lagi. “Oleh karena itu saya mengapresiasi sekali kegiatan ini. Saatnya PMI meningkatkan potensi diri, yaitu dengan memahami dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi,” kata Abdul Fatah.

Kalau tidak ada gerakan-gerakan seperti ini, mungkin SDM PMI akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.

Salah satu narasumber Pelatihan saat menyampaikan materi.(foto: ahmad).

“Saya mengharapkan ada gaya baru TIK  bagi SDM PMI di Babel ini, mari ikuti dengan sebaik-baiknya. Utusan-utusan dari Kabupaten dan Kota ini, maka dialah yang akan menjadi ‘Palingma-nya’ PMI Kabupaten dan Kota masing-masing. Inilah yang akan menghidupkan informasi dari konvensional ke digital,” harap Ketua PMI.

Syukur Alhamdulillah PMI Provinsi sudah punya alat berupa Podcast, sehingga bisa dipratekkan.

Abdul Fatah ingin PMI Babel bisa sejajar dengan PMI di Provinsi – provinsi lain di Indonesia. “Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi bekal dan pintu pembuka bagi masuknya dunia digital PMI di Provinsi Babel. Saya ingin PMI Babel sejajar dengan PMI-PMI di Provinsi lainnya di Indonesia dalam hal penguasaan TIK,” harapnya.

Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM PMI Tahun 2022 tersebut, turut dihadiri Kabid PSD sekaligus Kepala Markas PMI Babel Aswandi, Kabid Organisasi Arbian Eka Putra, Kabid Relawan Fais Marzuki, Kabid Kominfo Ahmad S, beserta staf PMI Provinsi Babel.

Penulis             : Ahmad

Foto                 : Ridwan/Nasrul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*