Breaking News
Home > Berita > Humas PMI Kabupaten/Kota Se-Babel Antusias Belajar Menulis Berita

Humas PMI Kabupaten/Kota Se-Babel Antusias Belajar Menulis Berita

Peserta Pembinaan Kehumasan PMI saat mendengarkan paparan materi.(foto: ridwan).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Belasan Personil mulai dari Pengurus, Staf hingga Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) antusias belajar cara menulis berita di Media Massa.

Pelatihan cara mudah membuat berita bagi Pengurus, Staf maupun Relawan PMI Kabupaten/Kota tersebut disampaikan langsung Kabid Kominfo PMI Babel Ahmad melalui Pembinaan Kehumasan PMI Provinsi Babel 2022 di Ruang Pertemuan Markas PMI Babel, Jumat (25/3/2022).

Selain teori, para personil bagian humas PMI Kabupaten/Kota dipandu langsung membuat berita.

Berkenaan dengan teori, Kabid Kominfo PMI Babel menjelaskan, langkah awal seorang Humas, khususnya Humas PMI Kabupaten/Kota sebelum membuat sebuat tulisan berita, harus mempunyai niat dan kemauan terlebih dahulu; dilanjutkan dengan tekad untuk belajar; memahami dan konsiten.

Langkah berikutnya yang dilakukan yaitu menemukan peristiwa yang akan dijadikan berita; mencari sumber berita; wawancara, observasi, dan dokumentasi; mencatat; membuat kerangka berita; menulis teras berita; menulis isi berita; penyuntingan berita.

Hal yang harus diperhatikan juga dalam penulisan sebuah berita, ditambahkan Kabid Kominfo PMI Babel,  berita tidak mengandung fitnah, bohong; unsure kekerasan; seks, judi, narkoba; pertentangan suku, agama, ras/golongan; tanda baca dan kutipan.

“Selain penulisan berita selain harus mengikuti kaidah bahasa Indonesia yang baik benar, juga harus diperhatikan berkenaan dengan kaidah jurnalistik 5W + 1 H, yakni What (peristiwa yang terjadi); Who (siapa yang terlibat dalam peristiwa); Where (dimana peristiwa terjadi); When (kapan peristiwa terjadi); Why (mengapa peristiwa terjadi); How (bagaimana proses terjadinya peristiwa),” paparnya.

Disamping itu, kepada Personil Humas PMI Kabupaten/Kota juga dijelaskan mengenai jenis-jenis berita.

Para peserta yang merupakan Pengurus, Staf, Relawan Humas PMI Kabupaten/Kota se-Babel dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih. “Kegiatan kali ini sangat bermanfaat. Kami berharap ke depan Kominfo PMI Babel bisa membuat pelatihan video berikut editingnya,” harap Try Staf PMI Pangkalpinang.

Penulis             : Ahmad

Foto                 : Ridwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*