Breaking News
Home > Berita > PMI Bangka Barat Latih 15 Karyawan PT Samator Cara Memberikan Pertolongan Pertama

PMI Bangka Barat Latih 15 Karyawan PT Samator Cara Memberikan Pertolongan Pertama

Ketua dan jajaran Pengurus PMI Babar foto bersama perwakilan PT Samator, usai Pelatihan PP.(Foto: PMI Babar).

PMIBABEL, MENTOK – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali memperlihatkan kepeduliannya dalam bidang kemanusiaan.  

Aksi yang dilaksanakan di akhir pekan kedua bulan Maret atau tepatnya pada Sabtu (12/3/2022) itu, berupa pemberian Pelatihan kepada 15 orang karyawan PT Samator GAS Industri-Babel, cara memberikan Pertolongan Pertama pada kecelakaan kerja.

Dalam pelatihan yang dipandu langsung para instruktur dari PMI Babar, dan dihadiri langsung Ketua PMI Babar dokter Hendra dan Sekretaris PMI Babar Derry tersebut, disampaikan beberapa materi Pertolongan Pertama, antara lain BHD, Patah Tulang, dan Evakuasi.

Dokter Hendra menjelaskan, pertolongan Pertama adalah Pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera ataupun kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar.

Tim Instruktur PMI Babar mempraktekkan cara memberikan Pertolongan Pertama. (Foto; PMI Babar).

Sementara Pelatihan Pertolongan Pertama yang diberikan kali ini, adalah suatu pelatihan yang diberikan kepada tenaga kerja di PT Samator sebagai bentuk antisipasi terhadap terjadinya kecelakaan diri atau kejadian di tempat kerja, sehingga terampil memberikan pertolongan pertama dan mampu menyelamatkan jiwa.

“Pelatihan Pertolongan Pertama dilaksanakan sesuai dengan UU RI No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja; Permenkes RI No.23/Birhub/1972 tentang Tugas PMI di Bidang Kesehatan; UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan; Permenaker RI No. Per-15/Men/VIII/2008 tentang Pertolongan Pertama pada kecelakaan di tempat kerja,” jelas dokter Hendra.

Pertolongan Pertama dilakukan, tambah dokter Hendra, bertujuan untuk menyelamatkan jiwa penderita; mencegah cacat; dan memberikan rasa nyaman dan menunjang proses penyembuhan.

Ketua PMI Bangka Barat dokter Hendra mengapresiasi sekaligus menyampaikan terima kasih kepada pihak PT Samator yang telah memberi kesempatan kepada PMI Babar untuk memberikan materi dan Pelatihan Pertolongan Pertama.

“Semoga dengan adanya Pelatihan Pertolongan Pertama bisa menambah wawasan dan pengalaman Karyawan PT Samator, sehingga mampu mengantisipasi kejadian atau kecelakaan kerja yang tidak diinginkan,” pesan Hendra.

Dalam kesempatan sama Aris HSE PT Samator juga mengucapkan terima kasih kepada PMI Babar yang selalu siap memberikan ilmu dan pengetahuannya berkenaan dengan Pertolongan Pertama.

Penulis             : Ahmad/Derry

Foto                 : PMI Babar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*