Breaking News
Home > Berita > Donor Darah HKSN 2021, PMI Babel Gandeng Dinsos PMD

Donor Darah HKSN 2021, PMI Babel Gandeng Dinsos PMD

Ketua PMI Babel Abdul Fatah meninjau pelaksanaan Donor Darah di Kantor Dinsos PMD Babel, Selasa (16/11/2021).(Foto: Humas PMI Babel).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus menggenjot keterlibatan berbagai instansi baik Pemerintah Daerah, Vertikal maupun swasta, untuk membantu persediaan darah di Babel, melalui aksi donor darah melalui sejumlah event.

Seperti aksi donor darah di Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2021, yang digelar Selasa (16/11/2021), PMI Provinsi Babel  menggandeng Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Babel.

Kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan di Kantor Dinsos PMD Babel itu, selain diikuti para pegawai di Lingkungan Dinsos PMD, juga melibatkan warga difabel binaan Dinsos PMD Babel.

Abdul Fatah Ketua PMI Babel saat meninjau langsung pelaksanaan donor darah di Kantor Dinsos PMD menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinsos PMD yang telah memfaslitasi bakti sosial donor darah dalam rangka HKSN 2021 ini.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah. Karena kita tahu bersama bahwa kebutuhan darah di Babel, cukup tinggi, sedangkan ketersediaan darah di UDD PMI sangat terbatas,” kata Abdul Fatah.

Oleh karena itu, PMI Babel akan terus melakukan aksi donor darah melalui perangkat daerah di lingkup Pemprov Babel, maupun vertical dan swasta.

Budi Utama Kepala Dinsos PMD Babel mengatakan, Dinsos PMD sejak awal sudah mengonsep untuk menggandeng PMI, Dinas Kesehatan, para pelaku usaha untuk berpartisipasi didalam menyukseskan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional khususnya di Tahun 2021 ini.

“Karena kita Babel tahun ini sebagai tuan rumah HKSN setelah manado, dimana Hari puncaknya tanggal 20 Desember 2021, maka kita menggandeng PMI Provinsi Babel,” ungkap Budi.

Ke depan setiap titik, Dinsos PMD akan bergandengan dengan PMI Kabupaten/Kota. Sehingga PMI selalu ada disetiap titik dalam rangkaian HKSN.

“Saya kan salah satu pendonor aktif, dan saat ini kita bisa melihat berapa stok darah yang dimiliki PMI di Babel, seperti di UDD PMI Pangkalpinang. Untuk itu, kegiatan donor darah ini, untuk masyarakat kita, ketika sewaktu-waktu membutuhkan darah, maka kita tidak kelabakan mencari darah,” jelasnya.

Ketua PMI Babel Abdul Fatah memberikan sambutan.(Foto: Humas PMI Babel).

Maka dari itu, ditambahkan Kepala Dinsos PMD, Ia sudah mengingatkan kepada seluruh pegawai Dinsos PMD sehari sebelum pelaksanaan donor, agar datang ke stand donor PMI.

“Donor ini sangat baik sekali untuk kesehatan. Ketika kita mengeluarkan darah melalui donor darah, badan kita akan terasa segar,” imbuhnya.

Dari aksi donor darah HKSN 2021 yang berlangsung kurang lebih 2,5 jam di Dinsos PMD tersebut, PMI Babel yang juga bekerja sama dengan Tim UDD PMI Pangkalpinang berhasil menghimpin 16 kantong darah, dalam puluhan pendaftar.(rel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*