Breaking News
Home > Berita > 16 Relawan PMI Pangkalpinang Dilatih Pertolongan Pertama Tingkat Menengah

16 Relawan PMI Pangkalpinang Dilatih Pertolongan Pertama Tingkat Menengah

Pelaksanaan Pembukaan Diklat PP Tingkat Pertama PMI Kota Pangkalpinang.(Foto: PMI Pangkalinang).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), sebanyak 16 relawan terdiri dari staf, KSR dan TSR PMI Kota Pangkalpinang di didik dan dilatih tentang Pertolongan Pertama (PP).

Diklat PP Tingkat Pertama yang berlangsung selama 5 hari terhitung 4 hingga 8 November 2021 itu, memghadirkan fasilitator dari PMI Pusat.

Sekretaris PMI Kota Pangkalpinang Wahyono saat membuka Diklat PP yang dilaksanakan di Markas PMI Pangkalpinang Kamis (4/11/2021) mengatakan, penguatan SDM PMI melalui pelatihan spesialisasi PP sangat diperlukan, mengingat selama ini relawan yang ditugaskan dalam posko ambulans belum memiliki keterampilan PP mumpuni.

“Bahkan tahun ini kita akan latih relawan kita sampai ke tingkat mahir dengan mengirim peserta ke Belitung sebanyak 3 orang.  Mari kita menfaatkan gedung baru kita ini dengan berbagai aktivitas yang positif, tempat kita berkumpul, belajar, berlatih dan lainnya, sehingga kapasitas organisasi PMI akan maju dan dikenal masyarakat,” ajak Wahyono.

Dedy Ristrianto Ketua Panitia Diklat PP Tingkat Pertama yang Ketua Bidang Relawan PMI Pangkalpinang mengatakan, tujuan kegiatan ini tersedianya sumber daya manusia PMI yang terlatih untuk bidang Pertolongan Pertama, adanya kemampuan personel PMI dalam pelaksanaan Pelayanan PP.

Peserta, Pemateri Diklat PP dan Pengurus PMI Pangkalpinang foto bersama. (Foto: PMI Pangkalpinang).

Para peserta selama mengikuti Diklat PP diberikan materi Kepalangmerahan, Prinsip Umum Pertolongan Pertama, Operasional Pelayanan Pertolongan Pertama, Penilaian, Bantuan Hidup Dasar (RJP dan AED), Sumbatan Jalan Nafas, Pendarahan dan Syok, Cidera Jaringan Lunak, Cidera Otot Rangka, Kedaruratan Medis, Pengangkatan dan Pemindahan Korban dan simulasi.

“Pemateri 2 orang dari PMI pusat dan 2 orang dari PMI Kota Pangkalpinang, waktu diklat selama 5 hari atau total 44 jam pelajaran. Peserta yang lulus akan diberikan sertifikat sesuai hasil nilai kompetensi yang dimilikinya,” ungkap Dedy.(rel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*