Breaking News
Home > Berita > Donor Hari Pertama, PMI Pangkalpinang Himpun 80 Kantong Darah

Donor Hari Pertama, PMI Pangkalpinang Himpun 80 Kantong Darah

Petugas UDD PMI Pangkalpinang melakukan pengambilan darah dari pendonor di hari pertama.(Foto: PMI Pangkalpinang).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Pelaksanaan donasi donor darah di hari pertama Rabu 8 September 2021 yang dilaksanakan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Pangkalpinang (PMI) Kota Pangkalpinang berhasil menghimpun sebanyak 80 kantong darah.

Darah tersebut terdiri dari 20 kantong golongan A, 27 kantong golongan B, 27 golongan O, dan 6 kantong golongan darah AB.

Sekretaris PMI Pangkalpinang Wahyono menyampaikan terima kasih kepada masyarakat pendonor yang telah mendonasikan darahnya melalui kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 PMI tahun 2021.

Ia berharap dalam kegiatan donor di hari kedua Kamis 9 September 2021 ini, jumlah donasi donor darah bisa sama seperti hari pertama, bahkan bisa lebih.

Sebagai ucapan terima kasih, PMI Pangkalpinang dalam aksi donor darah kali ini, memberikan bingkisan berupa beras seberat 5 kg dan sabun antiseptic bagi tiap pendonor yang mendonorkan darahnya.

Sebelumnya, dokter Amelia Wakil Kepala UDD PMI kota Pangkalpinang mengatakan, dalam kegiatan kali ini, UDD PMI Pangkalpinang menargetkan sebanyak 175 kantong darah selama 3 hari pelaksanaan aksi donor darah tersebut.

Amelia mengungkapkan, stok darah di UDD PMI Pangkalpinang saat ini, hampir tidak ada. Sementara masyarakat yang membutuhkan darah setiap hari kurang lebih 40 kantong darah.

“Antara persediaan dan permintaan darah tidak sebanding. Maka dari itu, kami dari UDD PMI Kota Pangkalpinang mengajak kepada seluruh warga masyarakat maupun instansi baik itu pemerintah maupun swasta untuk bersama-sama membantu masyarakat dengan mendonorkan darah melalui UDD PMI Pangkalpinang,” seru dokter Amelia.

Ditambahkannya, berhubung saat ini Pandemi Covid-19 masih berlangsung, maka pelaksanaan kegiatan Donor Darah, menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.(rel).

Kakdiskominfo Babel usai donor, memperlihatkan bingkisan beras dari UDD PMI Pangkalpinang.(Foto: PMI Pangkalpinang).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*