Breaking News
Home > Berita > Relawan PMI Babar Berjuang Siang Malam Menuju Muntok Zona Hijau

Relawan PMI Babar Berjuang Siang Malam Menuju Muntok Zona Hijau

Kepala Markas dan Pengurus PMI Babar bersama Tim Pejuang Kemanusiaan Muntok saat akan melaksanakan pemberian santunan anak yaitim piatu.(Foto: PMI Babar)

PMIBABEL, MUNTOK – Tanpa mengenal waktu. Itulah ungkapan yang disandang para relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Barat (Babar). Mereka sampai saat ini terus berjuang siang dan malam untuk menuju kondisi zona hijau Covid19.

“PMI Babar turut serta dalam pemakaman jenazah yang terkonfirmasi positif covid19. PMI Babar selalu peka dan peduli sesama, serta turut berjuang siang dan malam menuju Babar khususnya Kota Mentok kembali ke zona hijau,” kata Wakil Ketua PMI Babar Bidang Relawan dan PMR PMI Babel sekaligus Kepala Puskesmas Muntok, Haryanto, Kamis (19/8/2021).

Haryanto menjelaskan, PMI Babar terlibat dalam Tim Pejuang Kemanusiaan yang selama ini sudah berlangsung sejak awal pandemi dan terjun langsung dalam pencegahan covid19, seperti melakukan spraying, mengedukasi cara menggunakan alat pelindung diri (APD), ikut operasi yustisi kepatuhan PPKM level 3 dan 4.

Selanjutnya, PMI Babar juga memperhatikan para anak yatim di saat pandemi covid19 berlangsung, dimana perekonomian sangat tidak stabil.

Penyerahan santunan kepada anak-anak yatim piatu.(Foto: PMI Babar).

.PMI Babar berinisiatif bersama Tim Pejuang Kemanusiaan melakukan penggalangan dana guna meringankan beban para yatim piatu dengan memberi santunan dari para donatur di Muntok.

“Dalam aksi penggalangan dana kemanusiaan ini, dari awal penggumpulan donasi hingga Rabu (18/08/2021) berhasil terkumpul sebesar Rp18.900.000, dan langsung dibagikan kepada 127 orang anak yatim,” ujar Haryanto.

Sebelumnya memberikan bantuan kepada anak yatim piatu, dia hari yang sama, kata Haryanto, PMI bersama Tim Pejuang Kemanusiaan Muntok melaksanakan pemakaman warga Mentok yang terkonfirmasi Covid19, inisial Ny R berusia 50 tahun.

“Khusus pemberian bantuan kepada anak-anak yatim piatu, dilaksanakan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1443 H, HUT RI ke 76, Peringatan 10 Muharam, dan Hari Kemanusiaan Sedunia yang jatuh pada tanggl 19 Agustus 2021,” terang Haryanto.

Pada kegiatan pemberian bantuan kepada anak-anak yatim piatu hal ini, PMI Babar menurunkan 1 unit Mobil Ambulans, 2 orang pengurus, staf, 1 Sopir dan 2 orang relawan.

Kegiatan pemberian bantuan kepada anak-anak yatim piatu kali ini, diprakarsai oleh Komandan POS TNI AL Muntok Kapten Laut (T) Yuli Prabowo.

Kapten Laut Yuli seiizin Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan mengungkapkan, kegiatan amal peduli anak yatim direspon baik oleh para donator.

Ini hasil kerja sama TNI AL bersama Tim Pejuang Kemanusiaan Muntok yang terdiri dari TNI/POLRI dan instansi terkait diantaranya POS TNI AL Muntok, Polsek Muntok, Puskesmas Muntok, Kecamatan Muntok, Kantor POL PP Penanggulangan Bencana dan Damkar Babar, PMI Babar, POL AIRUD Muntok, Polres Babar dan PDAM Bangka Barat.

Kapten Yuli berterima kasih kepada PMI Babar yang sudah membantu memfasilitasi baik sarana maupun personel.

Sekretaris Satgas Covid19 Babar Sidarta Gautama yang juga turut serta dalam kegiatan itu menambahkan, Tim Pejuang Kemanusiaan Muntok adalah tim pemakaman jenazah yg dinyatakan terkonfirmasi positif covid19 di wilayah Muntok.

Untuk kegiatan perdana ini, dilaksanakan PMI Babar dan Tim Pejuang Kemanusiaan Muntok di wilayah Kecamatan Muntok, Kp. Tajung, Kampung Muntok Asin, Kelurahan Keranggan, Kelurahan Menjelang, Kelurahan Sungai Daeng, Kampung Sinar Menumbing dan Kelurahan Sungai Baru. (idris).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*