Breaking News
Home > Berita > Peringati HUT RI Ke-76, PMI Basel Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Muntai

Peringati HUT RI Ke-76, PMI Basel Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Muntai

Bendera Merah Putih yang berhasil kibarkan PMI Basel dan Komunitas GEMPATOBS, di HUT Kemerdekaan RI ke-76 tanggal 17 Agustus 2021 di  kawasan Hutan Lindung Gunung Muntai Tobaoli.(foto: aldo).

PMIBABEL, TOBOALI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) terus berbuat bersama para relawannya dalam mengisi arti sebuah kemerdekaan.

Salah satu aksi memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 Tahun 2021 itu, PMI Basel berupa berkolaborasi bersama Relawan Generasi Muda Pecinta Alam Toboali Bangka Selatan (GEMPATOBS) di bawah pembinaan ALFadjra Wahyuda Aldo mengibarkan Bendera Merah Putih di kawasan Hutan Lindung Gunung Muntai Tobaoli, Basel dengan ketinggian 300 Mdpl, tepat di tanggal 17 Agustus 2021.

Menurut M.M Iskandar Ketua PMI Basel, kegiatan ini merupakan tekat heroik Pemuda terhadap arti kemerdekaan, atau kebanggaan terhadap nilai-nilai luhur semangat 45 yang masih menempel di dada setiap anak bangsa, khususnya Basel.

Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Bukit maupun Gunung ini, merupakan kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih yang ke 21 kali.

“Kami sengaja mengambil lokasi pengibaran bendera di kawasan Hutan Lindung Gunung Muntai Tobaoli dengan ketinggian 300 Mdpl, dan kawasan Puncak Toboali yang berada di ketinggian 178 Mdpl,” ujar Iskandar.

Untuk bisa mencapai puncak bukit maupun gunung tersebut, relawan PMI Basel harus menyusuri lembah bukit terjal dan mendaki hamparan kebun lada selama lebih kurang 2,5 jam.

“Pengibaran Bendera Merah Putih di dua tempat ini, diikuti sebanyak 17 Pendaki dari relawan PMI Basel dan Gempatobs, dengan tetap menerapkan protocol kesehatan,” ungkap Iskandar.

Aldo Pembina GEMPATOBS. (foto: istimewa).

ALFadjra Wahyuda Aldo Pembina GEMPATOBS menambahkan, untuk jumpah peserta Pengibaran Bendera Merah Putih tahun ini, memang dibatasi, karena kondisi Covid-19.

“Sebelumnya sudah terdaftar 125 peserta untuk turut serta dalam kegiatan ini, karena di atas puncak Toboali kami sediakan lahan datar untuk menginap mulai dari tanggal 15 sampai 17 Agustus,” ujar Aldo.

Selain turut dalam pengibaran Bendera Merah Putih, Komunitas GEMPATOBS yang juga ikut bersama tergabung dalam team Tracer Covid 19 selalu standby di Kantor PMI Basel.(rel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*