Breaking News
Home > Berita > Angkasa Pura II Bandara DA Bersama PMI Gelar Donor Darah Tepat di HUT RI Ke-76

Angkasa Pura II Bandara DA Bersama PMI Gelar Donor Darah Tepat di HUT RI Ke-76

Pelaksanaan Donor Darah yang berlangsung di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Bangka, Babel, Selasa (17/8/2021).(foto: istimewa).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Kepedulian terhadap sesama kembali diperlihatkan PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir (DA) Pangkalpinang, Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Angkasa Pura II Bandara DA bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Pangkalpinang menggelat kegiatan donor darah tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 yang jatuh pada Selasa 17 Agustus 2021.

“Aksi kemanusiaan ini, kami lakukan dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan darah di era pandemi covid dan keterbatasan persediaan darah di PMI Pangkalpinang. Apalagi kita tahu permintaan darah cukup tinggi,” kata EGM Bandara Depati Amir, Muhammad Syharil disela-sela pelaksanaan donor darah, di Bandara Depati Amir.

Dalam aksi yang berlangsung setengah hari tersebut, berhasil didapatkan sebanyak 13 kantong darah.

Dokter Amelia Wakil Direktur UDD PMI Kota Pangkalpinang mengucapkan terima kasih atas dukungan PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir yang turut menggelar donor darah ini.

Amelia menjelaskan, untuk mendonorkan darah di masa covid ini, ada sejumlah persyaratan donor yang harus diketahui masyarakat pendonor, diantaranya : Pertama, Riwat perjalanan ke Luar Kota di tunda 14 Hari.

Kedua, untuk yang bekam punggung di tunda selama 1 Tahun. Ketiga, 2 Minggu setelah Vaksin 1 dan Vaksin ke 2 baru bisa Donor. Keempat, Operasi besar di tunda 1 Tahun, sedangkan operasi kecil di tunda 6 bulan. Kelima,  kontak Erat dengan Pasien Covid di tunda 14 hari.

Syarat Keenam,  jika sudah terkonfirmasi Covid di tunda 1 bulan setelah hasil negatif keluar. Ketujuh, Minum obat anti biotik di tunda 1 minggu, sementara untuk obat lain di tunda 3 hari kecuali Vitamin.

“Dengan persyaratan inilah yang mengakibatkan banyak masyarakat ingin mendonorkan darahnya kami tolak, sehingga stok darah di PMI berkurang, sementara kebutuhan akan darah meningkat,” ujar dr Amelia.

Disamping itu, dikatakannya, untuk para penyintas Covid sementara belum bisa mendonorkan darah Plasma Konvalensen dikarenakan sampai saat ini, di UDD PMI Pangkalpinang belum tersedia Alat Donor Darah Afaresis.

Amelia mengajak masyarakat untuk tidak takut donor. Silakan datang ke PMI Pangkalpinang bagi yang siap donor darah, karena setetes darah sangat berarti untuk kelangsungan hidup seseorang.(rel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*