Breaking News
Home > Berita > Pegawai DLHK Antusias Sumbang Darah ke PMI Babel

Pegawai DLHK Antusias Sumbang Darah ke PMI Babel

Abdul Fatah Ketua PMI Babel didampingi Pengurus PMI Babel dan Kepala DLHK Babel memberikan support ke pendonor darah di DLHK Babel, Jumat (23/7/2021).(Foto: Suherman/Arul).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Peduli kepada sesama akan permintaan kebutuhan darah ditunjukan Pegawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (babel) Jumat (23/7/2021).

Bertempat di ruang rapat DLHK, abdi Negara tersebut antusias mendono dan menyumbangkan darahnya melalui petugas donor darah PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bekerja sama dengan UTD PMI Pangkalpinang.

Sebelum mendonorkan darahnya, para pegawai DLHK harus ke loket pendaftaran untuk pengambilan formulir yang berisikan sejumlah data dan daftar pertanyaan untuk diisi, dilanjutkan dengan beberapa pemeriksaan tentang kesehatan pendonor sebelum proses pemindahan darah ke kantong darah yang disiapkan petugas.

Kepala DLHK Babel Marwan menyambut positif diadakannya kegiatan donor darah yang diselenggarakan PMI Babel di lingkungan DLHK ini.

Ketua PMI Babel Abdul Fatah meninjau meja layanan pendaftaran bagi pendonor darah di DLHK Babel.(Foto: Arul).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan kesempatan bagi pegawai di dinas yang dipimpinnya untuk berpartisipasi menolong orang yang membutuhkan darah.

“Ini satu kegiatan yang positif, dimana kita dari DLHK bisa berpartisipasi untuk menolong orang yang butuh darah. Karena setetes darah itu bisa menyelamatkan nyawa orang,” katanya.

Kepada pegawai yang belum berkesempatan menyumbangkan darahnya pada kegiatan itu, Marwan mengimbau agar melakukan donor mandiri dengan mendatangi UTD PMI terdekat.

“Karena kawan-kawan pegawai masih banyak di lapangan, dan adanya sistem shift pegawai, nantinya yang belum diambil darahnya akan kita imbau untuk melakukan donor mandiri ke PMI terdekat, atau nanti kita bikin jadwal ulang bagi yang belum diambil darahnya,” ujar Marwan.

Alhandis, pegawai DLHK yang sudah 47 kali mendonorkan darahnya mengaku, donor darah sangat bermanfaat selain untuk menolong orang lain juga untuk kesehatan diri.

“Sangat bermanfaat ya kalau kita biasa donor badan terasa segar. Untuk kesehatan luar biasa sehingga aktivitas kita pun enak,” tutur Arhandis.

Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Sungaisembulan ini, juga mengajak masyarakat untuk berdonor.

“Saya sebagai pendonor tetap mengajak, mari mayarakat yang bisa berdonor darah datanglah, sangat besar manfaat dan sangat baik untuk kesehatan,” ajak Arhandis.

Abdul Fattah Ketua PMI Babel yang memimpin langsung kegiatan donor darah di DLHK Babel mengatakan, aksi donor darah sudah digelar beberapa minggu sejak 14 Juni lalu berkaitan dengan peringatan hari donor darah sedunia 2021.

Donor darah ini, menyasar pegawai lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, dan nantinya juga menyasar pegawai instansi vertikal dan BUMN.

“Apa yang kita lakukan ini, adalah betul – betul kita membangun satu rasa kegotong royongan, satu rasa kebersamaan. Pada saat ini memang kami maju bergerak ke tataran ASN Pemprov Babel, tapi kemudian setelah ASN Provinsi Babel, kami akan masuk ke dalam tataran instansi vertikal dan BUMN,” terang Abdul Fattah yang juga menjabat Wakil Gubernur Babel itu.

Pada kegiatan donor darah yang berlangsung sekitar 4 jam itu berhasil dihimpun 12 kantong darah golongan darah A, B, AB dan O, masing-masing 3 kantong.(suherman/arul).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*