Breaking News
Home > Berita > Gelar Baksos Donor Hari ini, PMI Belitung Target 100 Kantong Darah

Gelar Baksos Donor Hari ini, PMI Belitung Target 100 Kantong Darah

PMIBABEL, BELITUNG – Di akhir pekan Sabtu (3/7/2021) hari ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belitung menggelar kegiatan bakti sosial donor darah.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia dan berlangsung di halaman Gedung Nasional, Tanjungpandan itu, menargetkan sebanyak 100 kantong darah.

Kegiatan bertajuk ‘give blood and keep the world beating’ ini rencananya dimulai pukul 16.00 WIB hingga selesai.

Ketua PMI Kabupaten Belitung Suhandri mengatakan, bakti sosial donor darah seperti ini dilakukan juga untuk menambah stok darah di PMI. Dengan begitu bisa mencukupi kebutuhan darah bagi pasien yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit, serta pasien hemodialisis.

“Saat ini kebutuhan darah per harinya rata-rata 13 kantong. Kalau buat baksos ini targetnya bisa 100 kantong,” tegasnya.

Masyarakat bisa datang langsung ke lokasi donor, dan langsung menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diambil darahnya, seperti mengisi kuesioner data pribadi, pengukuran tekanan darah, tes hemoglobin. Jika dinyatakan dalam kondisi sehat, barulah bisa donor darah.

Ia berharap, kegiatan kemanusiaan ini dapat diikuti masyarakat. “Sekantong darah begitu bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” ujar Suhandri.

Tak lupa Ketua PMI Kabupaten Belitung ini berpesan kepada masyarakat Belitung agar bisa menjadi pendonor darah rutin, dan menjadikannya sebagai gaya hidup sehat.( idris).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*