Breaking News
Home > Berita > Aksi Donor Darah di Payung, PMI Basel Himpun 52 Kantong Darah

Aksi Donor Darah di Payung, PMI Basel Himpun 52 Kantong Darah

Pelaksanaan kegiatan donor darah di Kecamatan Payung, Bangka Selatan.(Foto: Dok.PMI Basel).

PMIBABEL, PAYUNG – Setelah lama tak terdengar kiprahnya, kini bendera Palang Merah Indonesia (PMI)  Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kembali berkibar, melalui aksi Donor Darah di Kecamatan Payung, Basel.

Dari Giat kemanusiaan yang berlangsung Rabu (30/6/2O21) di Gedung Serba Guna Kriopanting Kecamatan Payung, PMI Basel dan Payung berhasil menghimpun sebanyak 52 kantong darah dari 63 pendonor yang mendaftarkan diri.

Ketua PMI Basel, M.M. Iskandar mengatakan, aksi donor kali ini, mengusung tema “Berikan Darah dan Jaga, Agar Dunia selalu Berdetak”, sekaligus memperingati Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2O21.

Menurut Iskandar, bagaimanapun kondisi PMI Basel, pihaknya tetap memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat luas guna kebutuhan darah yang merosot tajam.

“Selain aksi di Payung, kami juga melaksanakan kegiatan donor darah di Toboali. Karena di Toboali ada masyarakat butuh darah A sebanyak 3 kantong, darah O sebanyak 1 kantong. Alhamdulillah semua tercukupi,” kata Iskandar.

Dijelaskan Iskandar, setiap individu berhak mendapatkan transfusi darah yang aman untuk tindakan medisnya. Transfusi darah dengan produk darah yang aman telah menyelamatkan jutaan jiwa manusia.

“Setiap orang bisa menyelamatkan kehidupan orang lain dengan berdonor darah Sukarela. Setiap detik seseorang di suatu tempat membutuhkan darah,” ujar Ketua PMI Basel M.M Iskandar yang sudah ikut berdonor darah ke-44 kalinya itu.

Ketua PMI Basel M.M Iskandar mengawal langsung pemenuhan permintaan darah warga Toboali.(Foto: Dok. PMI Basel).

Meski PMI Bangka Selatan tak memiliki dana operasional, namun kata Iskandar, kegiatan donor darah sukarela harus tetapkan dilaksanakan, karena ini merupakan amalan mulia yang sederhana untuk menunjukkan rasa empati kepada sesama manusia untuk berbagi kehidupan.

“Walaupun tak memiliki dana, kami harus berbuat yang terbaik. Yakinlah Tuhan akan membalas semua kebaikan ini,” terangnya.

Iskandar menyebutkan, selama tahun 2020, PMI Bangka Selatan Hanya bisa mengumpul darah segar sebanyak 530 kantong. Padahal sebelumnya dalam per tahun PMI Basel mampu mengumpulkan darah segar di atas seribu kantong.

Doa penuh harapan merupakan hastag PMI Bangka Selatan tahun 2021 ini. “Kami para pengurus berharap Pemerintah Kabupaten yang baru di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati saat ini, bisa memberi warna tersendiri terhadap PMI Bangka Selatan,” harap Iskandar.

Di tempat terpisah, Ketua PMI Kecamatan Payung, Nelly Nepuspita mengharapkan, darah yang didapat dari kegiatan donor darah sukarela di PMI Kecamatan payung ini bisa terpakai dan bermanfaa dalam menyelamatkan sesama.

“Kami di Kecamatan Payung tetap melaksanakan kegiatan Donor Darah Sukarela ini, karena memang sudah rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Bertepatan dengan HUT PMI ke 76 tahun 2021, kami akan laksanakan lagi Donor Darah Sukarela seperti ini,” imbuhnya. (rel/idris).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*