Breaking News
Home > Berita > Atasi Stok Darah, PMI Harus Pintar Berinovasi

Atasi Stok Darah, PMI Harus Pintar Berinovasi

Ketua PMI Babel, Abdul Fatah. (Foto: PMI Babel)

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah mengingatkan kepada Unit Donor Darah (UDD) PMI atau pun Rumah Sakit yang ada di Babel agar dapat memanfaatkan momen Peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 Juni untuk menjaring calon pendonor baru.

Menurut Abdul Fatah, Babel saat ini masih ketinggalan dengan provinsi lain terkait pelaksanaan donor darah. Pasalnya di daerah luar, PMI sudah memulai segmentasi pendonor untuk menjaring calon pendonor baru.

“Kita jauh dengan provinsi lain. Di tengah kondisi covid saat ini, untuk mengatasi menurunya stok darah, PMI harus pintar berinovasi. Jadi, kita (PMI-red) yang harus tahu masyarakat inginnya apa ketika donor,” ujar Ketua PMI Babel yang juga Wakil Gubernur

Misalnya, untuk menjaring pendonor baru bagi masyarakat umum bisa dengan disiapkan sembako atau keperluan harian lainnya, kemudian mahasiswa bisa disiapkan setifikat, karyawan atau pegawai bisa disiapkan kaos atau souvenir lainnya.

Saat ini, dikatakan Abdul Fatah, di Babel baru mulai menerapkan itu dalam beberapa tahun belakangan, terakhir yakni yang dilakukan oleh PMI Pangkalpinang memberikan beras sebanyak 150 paket untuk pendonor dalam rangka peringatan hari donor darah sedunia pada tanggal 9-10 Juni 2021.

Oleh karenanya, melalui Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2021 dengan tema “Donorkan Darahmu Agar Kehidupan Dunia Terjaga”, Abdul Fatah mengajak seluruh lapisan masyarakat kembali mendonorkan darahnya secara rutin dengan taat pada protokol kesehatan yang berlaku.

“Masyarakat bisa mendonorkan darahnya melalui UDD PMI ataupun UTD RS. Untuk UDD PMI ada Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Belitung. kemudian UTD Rumah Sakit ada RSUD Bangka Selatan, RSUD Bangka Tengah dan RSUD Bangka Barat,” tutup Abdul Fatah. (idris).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*