Breaking News
Home > Berita > PMI Babar Kembali Kumpulkan 16 Kantor Darah di Sekar Biru

PMI Babar Kembali Kumpulkan 16 Kantor Darah di Sekar Biru

Ketua PMI Babar dr Hendra menyerahkan Sertifikat Penghargaan kepada Puskesmas Sekar Biru, Parittiga, Babar.(Foto: PMI Babar).

PMIBABAR, PARITTIGA – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menggelar aksi donor darah bersama Puskesmas Sekar Biru, Kecamatan Parittiga, Bangka Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (10/6/2021), adalah rangkaian memperingati Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2021 yang jatuh pada 14 Juni 2021.

Aksi kemanusiaan yang berlangsung kurang lebih 4 jam tepatnya dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB berhasil tersebut, PMI Babar berhasil mengumpulkan sebanyak 16 kantong darah.

“Bersyukur kita hari ini mengumpulkan 16 kantong, karena rata-rata petugas di puskesmas baru saja menerima vaksinasi. Jadi harus menunggu 2 minggu untuk mendonorkan darahnya pasca vaksinasi kedua,” ungkap Hendra Ketua PMI Bangka Barat yang memantau langsung giat donor darah di Sekar Biru.

Adapun rincian darah yang dihimpun terdiri dari golongan darah A sebanyak 4 kolf, Darah B 7 kolf, Darah O sebanyak 4 kolf dan golongan darah AB sebanyak 1 kolf.

“Saat ini, stok darah di Bangka Barat selalu mengalami kekurangan. Untuk itu, kita (PMI Babar-red) menginginkan kegiatan ini dapat berlangsung terus, kalau bisa tidak hanya puskesmas melainkan juga bantuan aparatur desa untuk ikut menggerakkan massa,” harap Hendra.

Ketua PMi Babar dr Hendra memantau jalannya aksi donor darah di Puskesmas Sekar Biru, Parittiga, Babar, Kamis (10/6/2021).(Foto: PMI Babar).

Dalam tinjaunnya di lapangan, dokter Hendra turut mengawasi secara ketat protokol kesehatan pelaksanaan donor darah, dan menjelaskan kepada para peserta donor tentang pentingnya donor darah.

Sementara itu, Firli Prayudha selaku Kepala Puskesmas Sekar Biru mengucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Bangka Barat atas kerja samanya yang telah melaksanakan Kegiatan donor darah rutin ini.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada para pendonor yang telah menyumbangkan darahnya. “Semoga menjadi amal ibadah untuk kita, diberikan kesehatan dan dimudahkan dalam menjalankan tugas,” ucap Firli.

Di vakhir kegiatan, Ketua PMI Bangka Barat memberikan sertifikat penghargaan sebagai bentuk apresiasi untuk Puskesmas Sekar Biru yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah rutin. (rel/idris).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*