Breaking News
Home > Berita > Perolehan Darah HDDS PMI Pangkalpinang Over Target, Dua Hari 174 Kantong

Perolehan Darah HDDS PMI Pangkalpinang Over Target, Dua Hari 174 Kantong

Pendonor saat mendonorkan darahnya di UDD PMI Pangkalpinang. (Foto: Tyo).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Peringatan Hari Donor Darah Sedunia (HDDS) Tahun 2021 yang jatuh pada 14 Juni, disambut Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan menggelar Kegiatan Donor Darah.

Menariknya pelaksanaan aksi donor darah yang berlangsung di Unit Donor Darah (UDD) PMI Pangkalpinang diikuti antusias oleh pendonor darah aktif yang ada di Kota Pangkalpinang dan sekitarnya.

Bahkan selama dua hari terhitung tanggal 9-10 Juni 2021, PMI Pangkalpinang mencatat sebanyak 220 Pendonor telah mendaftarkan diri untuk ikut donor darah dalam rangka HDDS tahun tersebut.

Hal itu, disampaikan Sekretaris PMI Pangkalpinang, Wahyono usai penutupan giat donor darah, Kamis (10/7/2021) malam.    

“Tercatat 220 pendonor yang mendaftar dan mengikuti kegiatan donor darah di UDD PMI Pangkalpinang. Namun, karena alasan kesehatan seperti HB, tensi dan lain-lain yang jumlahnya sebanyak 46 orang. Darah yang terkumpul selama dua hari sebanyak 174 kantong,” ujar Wahyono.

Seorang pendonor darah memperlihatkan beras yang didapat dari PMI Pangkalpinang.(Foto: Tyo).

Darah yang berhasil dihimpun itu terdiri dari golongan darah A sebanyak 55 Kantong, golongan darah B sebanyak 43 kantong, darah AB sebanyak 11 kantong, dan golongan darah O sebanyak 65 Kantong.

“Jumlah ini telah melewati target awal yang kami ditentukan sebanyak 150 kantong darah. Karena antusias masyarakat pendonor, maka realisasi jumlah pendonor sebanyak 174 kantong darah,” ungkap Wahyono.

Kegiatan Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day) tahun ini, mengusung tema “Donorkan Darahmu Agar Kehidupan Dunia Terjaga”.

Dikesempatan terpisah dr Ela selaku Direktur UDD PMI Pangkalpinang menyebutkan, selain menggelar aksi donor darah selama dua hari berturut-turut (9-10 Juni) di UDD PMI Pangkalpianng, pihaknya juga masih rangkaian HDDS, beberawa waktu lalu menyelenggarakan aksi serupa di sejumlah tempat.

“Serangkaian kegiatan telah kami laksanakan yaitu mulai dari Mobile Unit di Daya Motor Honda Jalan Koba tanggal 6 Juni terkumpul 5 kantong, di Swiss-Belhotel Pangkalpinang tanggal 9 Juni terkumpul 25 kantong,” papar dokter Ela.

Dokter Ela menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat pendonor yang telah berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan HDDS Tahun 2021. “Semoga darah yang disumbangkan ini bermanfaat bagi yang membutuhkan,” harap dokter Ela.

Karena masih dalam masa Covid-19, ditambahkan Ela, pelaksanaan giat donor darah tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sebagai wujud ucapan terima kasih PMI Pangkalpinang kepada pendonor, setiap pendonor diberikan satu kampil beras berukuran 5 kg.(tyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*