Breaking News
Home > Berita > Sambut Ramadan, PMI Pangkalpinang Sukses Himpun 133 Kantong Darah

Sambut Ramadan, PMI Pangkalpinang Sukses Himpun 133 Kantong Darah

Seorang pendonor saat mendonorkan darahnya di UDD PMI Pangkalpinang, Minggu (11/4/2021). (Foto: Dwi).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Menyambut bulan suci Ramadan 1442 H, sekaligus menambah stok darah di UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang, UDD Palang Merah Indonesia Kota Pangkalpinangmengadakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan selama dua hari.

Dalam aksi donor darah pada 10 – 11 April 2021 dengan durasi waktu kegiatan pukul 08.00 hingga 20.00 Wib di Kantor UDD PMI Kota Pangkalpinang itu, UDD PMI Pangkalpinang sukses menghimpun sebanyak 133 kantong darah.

Kegiatan selama dua hari tersebut menurut dr. Hj. Sjenileila Boer, M. Epid selaku Kepala UDD PMI Kota pangkalpinang, untuk menambah stok darah di bulan puasa.

Sebagai reward kepada pendonor, UDD PMI Pangkalpinang, kata Sjenileila Boer, memberikan paket beras 5 kg.

Giat donor darah kali ini, UDD PMI Pangkalpinang menargetkan pendonor sebanyak 150 orang pendonor, namun yang mendaftar sebanyak 160 orang. Sedangkan dan yang berhasil diambil darahnya hanya 133 pendonor.

Merinda Sukma Wati, SKM Kabag P2D2S UDD PMI Kota Pangkalpinang menambahkan, untuk pendonor di hari pertama tanggal 10 April 2021 didapat sebanyak 84 kantong darah, dan di hari kedua tepatnya di tanggal 11 April 2021 sebanyak 49 kantong darah.

Menurut Merinda, ada beberapa yang ditolak sementara dengan alasan kesehatan seperti Hb, Td Minum Obat dan lain-lain.

“Dari jumlah target yang diharapkan 150 kantong darah, terkumpul sebanyak 133 kantong darah, sisa paket beras masih tersedia sebanyak 17 paket, tetap diberikan kepada pendonor sukarela yang datang untuk mendonorkan darahnya di hari berikutnya pada tanggal 12 April 2021 di UDD PMI Kota Pangkalpinang,” ujar Merinda.

Jumlah 133 kantong darah yang dihimpun selama dua hari tersebut, terdiri dari golongan darah A sebanyak 44 kantong, golongan darah B sebanyak 34 kantong, golongan darah O sebanyak 38 kantong dan golongan darah AB sebanyak 17 kantong darah.

“Dimasa pandemi ini, UDD PMI Kota pangkalpinang tetap menerapkan protokol kesehatan demi kelancaran kegiatan donor darah,” kata Merinda.

Para pendonor, sambung Merinda, tetap wajib mengikuti protokol kesehatan antara lain menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak untuk pencegahan penyebaran covid-19.

“Kami mengapresiasi pendonor yang telah mendonorkan darahnya dengan ikhlas menolong sesama, tepatnya di momen menyambut bulan suci Ramadan 1442 H tahun 2021 ini,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan kegiatan donor darah kali ini, semoga menjadi catatan pahala dari Yang Maha Kuasa, Allah SWT. “Mari tetap donor darah meski bulan puasa demi kemanusian,” ajak Merinda.(rel/dwi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*