Breaking News
Home > Berita > Relawan PMI Babar Kembali Bantu Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

Relawan PMI Babar Kembali Bantu Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

Relawan PMI Babar yang tergabung dalam Tim Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 saat melakukan pemakaman jenazah.(Foto: Dok. PMI Babar).

PMIBABEL, MUNTOK – Sejumlah relawan Palang Merah Indonesia (PMI) di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali dikerahkan membantu proses pemakaman jenazah dari pasien meninggal terinfeksi COVID-19.

Para relawan PMI Babar tersebut, tergabung dengan tim pemakaman jenazah yang terdiri dari berbagai instansi diantaranya SatPol PP, PBBD Bangka Barat, Tim Satgas Angkatan Laut, Puskesmas Muntok, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Muntok, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilker Mentok dan Tim Damkar Bangka Barat.

Tim pemakaman jenazah covid-19 Babar foto bersama.(Foto: Dok. PMI Babar).

Dery selaku Kepala Markas PMI Bangka Barat mengatakan, jenazah yang dimakamkan adalah inisial ES (46) tahun berjenis kelamin perempuan, meninggal dunia akibat terkonfirmasi covid-19 Sabtu (20/02/2021) pukul 21.00 Wib setelah menjalani perawatan 4 hari di RSUD sejiran setason Babar.

“Setelah mendapat kabar bahwa ada pasien terkonfirmasi covid-19 meninggal dunia, kita (PMI Babar-red) langsung dihubungi oleh Satgas covid-19 Bangka Barat untuk membantu dalam proses pemakaman jenazah,” ungkap Dery.

Proses pemakaman jenazah ke-5 terkonfirmasi positif covid-19, pada Minggu (21/2/2021) pukul 01.45 Wib  dinihari, dimakamkan di TPU Kelurahan Menjelang, Kecamatan Muntok tersebut, kata Dery, dilaksanakan sesuai pedoman pemakaman covid-19.

Di tempat terpisah Kabid PMR dan Relawan PMI Bangka Barat, Haryanto mengingatkan masyarakat untuk selalu patuh terhadap protocol kesehatan.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Kita tugaskan 6 orang relawan untuk bergabung dengan tim. Kita pun selalu mengingatkan kepada masyarakat khususnya warga Bangka Barat untuk mematuhi 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) kemanapun dan dimanapun berada, dan jangan menganggap sepele Covid-19, karena kematian akibat covid-19 terus bertambah, jika kita tidak patuh terhadap protokol kesehatan,” ujar Haryanto.

Relawan PMI Babar saat akan membantu proses pemakaman jenazah covid-19.(Foto: Dok. PMI Babar).

Sementara itu, Komandan Regu pemakaman jenazah pasien terkonfirmasi positif covid-19 Bangka Barat,  Peltu Tampubolon mengatakan, selama ini, Ia melihat PMI Bangka Barat dalam misi kemanusiaan seperti kegiatan pemakaman yang terindikasi covid-19 cukup Baik dan respon cepat.

Peltu berharap, semoga kedepannya PMI Bangka Barat khususnya semakin solid dan dicintai masyarakat Babar. (idris).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*