Breaking News
Home > Berita > Kunjungi PMI DKI Jakarta, PMI Babel Pelajari Proses Donor Darah Plasma Konvalesen

Kunjungi PMI DKI Jakarta, PMI Babel Pelajari Proses Donor Darah Plasma Konvalesen

Ketua PMI Babel bersama rombongan saat bekunjung ke Markas PMI DKI Jakarta.(Foto: Dok.PMI Babel).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan kunjungan ke Markas PMI Provinsi DKI Jakarta.

Kunjungan yang langsung di pimpin Ketua PMI Babel Abdul Fatah dan diikuti Sekretaris PMI Babel Mardani, Ketua Bidang Pelayanan Darah PMI dr Andri Nurtito, dan Bendahara PMI Babel Imam Kusnaidi  pada Jumat (6/2/2021) sore itu, dilakukan dengan tujuan untuk melihat dan mempelajari proses donor darah plasma konvalesen.

Kedatangan rombongan Pengurus PMI Babel itu, diterima langsung oleh Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi dan jajaran pengurus lainnya.

“Kita (PMI Babel) datang ke PMI DKI Jakarta untuk mengetahui dan belajar bagaimana donor darah konvalesen, yang mana saat ini sedang kami upayakan untuk dilakukan di Bangka Belitung,” ungkap Abdul Fatah.

Dilanjutkan oleh Abdul Fatah yang juga menjabat Wakil Gubernur Babel itu, harapan kedepannya PMI Babel dapat berkontribusi dalam menyiapkan  plasma konvalesen sebagai unsur modalitas terapi pasien covid-19 dengan gejala-gejala berat.

Ketua Bidang Pelayanan Darah PMI Babel dr Andri Nurtito menambahkan, saat ini PMI Babel sedang menyiapkan SDM yang trampil dalam bidang tersebut, dan  berupaya melengkapi prosedur serta alat kesehatan yang dibutuhkan untuk melengkapi kesiapan plasma konvalesen.

“Proses donor plasma konvalesen di PMI DKI sudah sesuai dengan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) yang dipersyaratkan oleh BPOM. Kita masih belum sepenuhnya siap, tata kelola dan prosedur screening calon donor plasma yang harus disiapkan,” jelas Andri Nurtito.

Sebagai tindaklanjut dari petemuan tersebut, dalam waktu dekat akan dilakukan MoU tentang produk plasma konvalesen antara PMI Babel dengan PMI DKI Jakarta.(idris).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*