Breaking News
Home > Berita > Selama Tiga Hari, UDD PMI Pangkalpinang Himpun 150 Kantong Darah

Selama Tiga Hari, UDD PMI Pangkalpinang Himpun 150 Kantong Darah

Seorang warga mengisi formulir sebagai pendonor darah di UDD PMI Pangkalpinang.(Foto: Dok. PMI Pangkalpinang).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Meskipun masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, namun sebagai upaya mengatasi menipisnya stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang, PMI menggelar kegiatan “Tetap Donor Darah untuk Sesama”.

Aksi donor darah, dilaksanakan selama tiga hari dimulai sejak tanggal 25 – 27 Januari 2021 di Unt Donor Darah (UDD) PMI Pangkalpinang, dengan jam operasional pelayanan mulai dari Pukul 08.00 sampai dengan 20.00 Wib, dan target mengumpulkan sebanyak 200 kantong darah.

Kepala UDD PMI Kota Pangkalpinang, dr. Sjenileila Boer menuturkan, kegitan ini untuk menarik masyarakat agar mau kembali mendonorkan darahnya.

“Kami menyediakan 200 paket sembako kepada 200 orang pertama yang mendonor. Dengan ini, kami harapkan dapat menarik masyarakat untuk kembali rutin mendonor darah,” ungkapnya.

Turunnya tingkat pendonor darah,  kata Sjenileila, sudah sejak pandemi Covid-19. “Sejak pandemi memang turun para pendonor yang datang ke UDD PMI Pangkalpinang, akibatnya sejak bulan Mei ketersediaan darah menipis,” ujar Sjenileila.

Mengingat pelaksanaan donor darah masih dalam kondisi covid, maka kata Sjenileila, sebelum mendonor, PMI melakukan pendataan lebih dulu terkait aktivitas harian calon pendonor.

“Kita selalu minta kepada para pendonor agar mengisi formulirnya, yang disitu sudah ada keterangan apa dia pernah keluar kota beberapa waktu terakhir, pernah berkontak erat tidak dengan protokol kesehatan. Dengan begitu jadi aman,” kata Sjenileila.

Menurut Sjenileila, UDD PMI Pangkalpinang akan terus membuka pintu bagi para pendonor demi ketersediaan darah di UDD PMI Pangkalpinang, namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita juga menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu,

Petugas PMI pun sudah melakukan test rapid antigen untuk keamanan para petugas PMI sebelum kegiatan dilakukan.  Alhamdulilah kita disini aman semua, hasilnya negative,” tambah dia.

Dr Amelia yang bertugas di bagian pelayanan UDD PMI Pangkalpinang menyebutkan, hingga hari ke 3 hari aksi donor darah di UDD PMI Pangkalpinang tersebut, UDD PMI Pangkalpinang berhasil menghimpun sebanyak 150 kantong darah dari total pendonor yang datang sebanyak 193 orang.

Dari jumlah 150 orang pendonor tersebut, darah yang didapatkan terdiri dari golongan darah A sebanyak 31 kantong, golongan B sebanyak 44 kantong, golongan  O  sebanyak 59 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 16 kantong.

Sementara 43 orang pendonor yang tidak lolos seleksi donor dikarenakan  HB Rendah, HB Tinggi, Minum Obat dan  Lain-lain.

“Kegiatan donor darah masih tetap dilakukan seperti biasa di UDD PMI Kota Pangkalpinang dengan standart protokol kesehatan covid-19. Terima kasih banyak kepada para pendonor yang sudah mendonorkan darahnya dalam kegiatan donor darah ini. Semoga sehat selalu, darahya bermanfaat bagi yang membutuhkan,” tutup Amelia. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*