Breaking News
Home > Berita > Pengurus dan Relawan PMI Pangkalpinang Ikuti Upacara HUT Ke-75 PMI

Pengurus dan Relawan PMI Pangkalpinang Ikuti Upacara HUT Ke-75 PMI

Pelaksanaan Upacara HUT Ke-75 PMI di Halaman PMI Kota Pangkalpinang.(Foto; Dok. PMI Kota Pangkalpinang).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Jajaran Pengurus dan Relawan (KSR, TSR dan PMR) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang, mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 PMI.

Upacara yang merupakan puncak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan PMI Pangkalpinang pada tahun 2020 itu, dipusatkan di Halaman Markas PMI Pangkalpinang, Sabtu (19/9/2020).

Fitriansyah selaku Dewan Kehormatan PMI Kota Pangkalpinang yang bertindak sebagai Pembina Upacara menyampaikan sambutan tertulis HM. Jusuf Kalla Ketua Umum PMI Pusat.  

“Kita bersyukur PMI selalu menjadi garda terdepan untuk membantu sesama dimanapun dan kapanpun disamping tugas bencana. Selain itu, juga PMI mempunyai peran, yaitu menyediakan ketersediaan darah kepada masyarakat akan kebutuhan darah,” kutip Fitriansyah.

Dewan Pengurus, Pengurus dan Perwakilan Relawan foto bersama.(Foto: Dok.PMI Kota Pangkalpianang).

Unit Donor Darah (UDD) PMI saat ini, berjumlah 224 unit tersebar di seluruh Indonesia, berupaya memenuhi jumlah kebutuhan akan darah di Indonesia.

“Ada  kurang lebih 5 juta permintaan kantong darah setiap tahunnya. Maka, diperlukan tenaga dan relawan donor darah dalam hal ini. Terima kasih kepada satuan TNI dan Polri telah membantu akan stok darah yang menipis akibat Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

PMI, lanjut dia, bekerja secara sukarelawan dengan yang menggerakkan PMI selama ini, adalah relawan baik itu di tingkat PMR Mula, Madya, Wira Korps Sukarelawan,Tenaga Sukarelawan serta Satgana.

“Terima kasih  atas kerelaaan relawan yang hampir 2 juta relawan di Indonesia telah bekerja di wilayahnya masing-masing,” tambah Fitriansyah.

Sejak Maret 2020, lanjut dia, Indonesia dihadapkan pada situasi Pandemi Covid-19 yang telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, terutama sosial dan ekonomi.

PMI, lanjutnya, telah melakukan fungsi dan tugasnya secara optimal dalam membantu masyarakat, mulai dari pencegahan, edukasi, sampai pada penanganan Covid-19.

Mengingat krisis kesehatan ini, berdampak secara luas kepada sosial dan ekonomi, diperkirakan krisis ini masih akan berlangsung relatif panjang, maka, disampaikannya lagi, PMI mengajak masyarakat bersinergi menciptakan solidaritas untuk pelayanan kemanusiaan, baik di persoalan Covid-19 maupun di situasi krisis dan bencana lainnya.

Perayaaan HUT PMI Ke-75 tahun ini, mengusung tema “Solidaritas untuk Kemanusiaan”. “Maknanya ialah, hanya dengan solidaritas bersama kita bisa mengatasi masalah ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah bekerja dengan penuh perhatian,” imbuhnya.

Dikesempatan terpisah, Sekretaris PMI Pangkalpinang, Wahyono mengimbau seluruh elemen masyarakat di Bangka Belitung,  mari kita donor darah ke PMI langsung.

“Jangan takut, kita tetap menggunakan persyaratan protokol kesehatan,” kata Wahyono. 

Upacara tersebut, juga dikuti Pengurus PMI Provinsi, dan Pengurus PMI Kecamatan.(rel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*