Breaking News
Home > Berita > Pengurus PMI Kota Pangkalpinang Dibekali Ilmu Kepalangmerahan

Pengurus PMI Kota Pangkalpinang Dibekali Ilmu Kepalangmerahan

Pengurus PMI Pangkalpinang Periode 2019-2024 foto bersama.(Foto: Dok.PMI Pangkalpinang).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Setelah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 01/SK/PMI Prov/BABEL/I/2020, dan dilantik beberapa waktu lalu, pada Kamis (9/9/2020), akhirnya jajaran Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang dibekali ilmu tentang Kepalangmerahan.

Kegiatan yang dikemas melalui Orientasi Kepalangmerahan, diikuti sebanyak 12 orang Pengurus PMI Kota Pangkalpinang Periode 2019-2024 tersebut, berlangsung di Ruang Pertemuan Markas PMI Kota Pangkalpinang, Jalan Ican Saleh Pangkalpinang.

Selain jajaran Pengurus, dalam waktu bersamaan orientasi serupa juga diberikan kepada Dewan Kehormatan PMI Kota Pangkalpinang periode 2019-2024.

M. Sopian selaku Ketua PMI Pangkalpinang menjelaskan, kegiatan ini merupakan program pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang wajib diikuti sebagai anggota PMI, apalagi yang bersangkutan masuk dalam jajaran pengurus dan staf PMI.

Salah satu penilaian kapasitas organisasi, dikatakannya, adalah pengurusnya paham dengan nilai-nilai kepalangmerahan dan peraturan organisasi PMI.

Sekretaris PMI Kota Pangkalpinang Wahyono menyampaikan pengarahan.(Foto: Dok.PMI Pangkalpnang).

Sekretaris PMI Pangkalpinang, Wahyono menambahkan, dalam orientasi kepalangmerahan ini, pihaknya menghadirkan Arbian Ekaputra Kepala Bidang Organisasi PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memberikan materi kepalangmerahan sekaligus motivasi terhadap para Pengurus PMI Pangkalpinang.

Materi yang disampaikan diantaranya, terkait pengenalan kepalangmerahan mulai dari Sejarah Gerakan, ICRC, IFRC, Perhimpunan Nasional, Hukum Humaniter Internasional (HHI), Prinsip dasar gerakan, Lambang, Profil PMI, AD/ART dan Renstra PMI. Wahyono menyebutkan, acara ini juga menjadi rangkaian kegiatan HUT PMI ke-75 yang diperingati setiap tanggal 17 September. “Selain orientasi kepalangmerahan akan dilaksanakan juga kegiatan donor darah dan puncaknya dengan upacara peringatan,” ujar Wahyono. (idris/ahmad).

Kabid Organisasi PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Arbian Ekaputra menyampaikan materi Kepalangmerahan.(Foto: Dok.PMI Pangkalpinang).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*