Breaking News
Home > Berita > PMI Basel Edukasi Masyarakat Desa Tepus Soal Covid-19

PMI Basel Edukasi Masyarakat Desa Tepus Soal Covid-19

Ketua PMI Basel memberikan bantuan bahan cairan disinfektan ke Pengurus Masjid Desa Tepus.(Foto: Dok. PMI Basel).

PMI BASEL, AIR GEGAS – Tiada henti upaya Palang Merah Kabupaten Bangka Selatan (PMI Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membantu pemerintah daerah mencegah penyebaran Coronavirus desease 2019 (Covid-19).

Salah satu langkah yang kembali dilakukan oleh PMI Basel itu, menurut Ketua PMI Basel, M. M. Iskandar adalah mengedukasi sekaligus promosi kesehatan terhadap masyarakat Desa Tepus, Kecamamatan Air Gegas, Basel, Babel soal.

“Desa Tepus merupakan salah desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Air Gegas, Basel, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bangka Tengah. Atas letak wilayah yang cukup jauh dari Ibu Kota Kabupaten Basel, maka kami sangat prioritaskan daerah ini untuk waktu pelaksanaannya,” kata Iskandar disela-sela pelaksanaan kegiatan, Sabtu (16/5/2020).

Penyebaran Pamflet Protokol Kesehatan Covid-19.(Foto: Dok PMI Basel).

Kepada masyarakat Desa Tepus, ditambahkan Iskandar, dijelaskan apa itu Covid-19, dan awal mulanya berasal, dan bagaimana cara mencegah penyebarannya.

“Setelah kami sampaikan apa itu Covid-19, kami pun memgajak masyarakat Tepus untuk sama-sama mencegahnya, yakni dengan cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir setiap selesai beraktivitas, kemudian jaga jarak minimal 1 meter, hindari perkumpulan banyak orang, tetap di rumah, dan selalu pakai masker kala di luar rumah,” ungkap Iskandar.

Selain mengedukasi dan promosi kesehatan ke masyarakat secara langsung, dilanjut dengan penempelan pamflet terkait protokol kesehatan Covid-19 di tempat-tempat yang jadi titik kumpul orang, di desa yang sama PMI Basel, disebutkan Iskandar, juga membagikan bahan cairan disinfektan kepada Masjid, Musala, Gereja, Pustu, dan Kantor Desa, serta pembagian masker ke masyarakat.

“Masyarakat di Desa Tepus ini, memiliki beraneka ragam suku budaya, termasuk sejumlah rumah ibadah,” uhar Iskandar.

Kegiatan pencegahan Covid-19 di Desa Tepus ini, menurut Iskandar, adalah yang terakhir menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Sementara itu, Kepala Desa Tepus, Kusnadi menyampaikan terima kasih atas edukasi dan promosi kesehatan yang dilakukan PMI Basel di desa mereka. “Kami juga di Desa Tepus tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 ini,” ucap Kades Tepus.(Idris/Ahmad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*