Breaking News
Home > Berita > Positif Covid-19 Melonjak, PMI Babar Semprot Mes Pertamina dengan Cairan Disinfektan

Positif Covid-19 Melonjak, PMI Babar Semprot Mes Pertamina dengan Cairan Disinfektan

Penyemprotan kendaraan yang ada di Mes Pertamina.(Foto: Dok. PMI Babar).

PMI BABAR, MUNTOK – Angka positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang hingga kemarin melonjak, dan berdasarkan data covid19.babelprov.go.id angkanya sudah mencapai 15 orang, membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Babar menggencarkan daerah pencegahan penyebaran Covid-19.

Dari angka itu, terdapat diantaranya anak buah kapal perusahaan berplat merah (BUMN), maka di hari Rabu (6/5/2020), PMI Babar langsung menerjunkan sejumlah relawannya untuk menyemprotkan Mes PT Pertamina di Kelurahan Keranggan, Babar.

Ruangan Mes Pertamina juga disemprot disinfektan.(Foto: Dok. PMI Babar).

Selain Mes Pertamina di Kelurahan Keranggan, Kepala Markas PMI Babar, Dery Aryandi mengatakan, PMI Babar juga menyasarkan semprotan disinfektan ke Kantor KSOP Sahbandar Kelas IV Kelurahan Kerangan, Muntok, kemudian ke Perumahan Kampung Senang Hati, Muntok, Kampung Penenun Teluk Rubiah Kelurahan Tanjung, dan berakhir di Perumahan Cikdaud Kelurahan Sungai Baru, Babar.

Untuk lima titik tersebut, dikatakan Dery, PMI Babar menyemprotkan sebanyak 144 liter cairan disinfektan, dengan total penerima manfaat sebanyak 700 jiwa.

Seperti giat penyemprotan sebelumnya, pada penyemprotan disinfektan kali ini, diungkapkan Dery, PMI Babar juga melakukan promosi kesehatan kepada sejumlah titik sasar yang jumlah sasarnya sebanyak 200 jiwa.

Promosi kesehatan yang dilakukan, disebutkan Dery, diantaranya ajakan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mencuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter, menghindari perkumpulan dengan jumlah orang yang banyak, tetap di rumah, dan selalu memakai masker di kala berada di luar rumah.

Berkenaan dengan adanya lonjakan angka positif Covid-19 di wilayah Babar ini, Kepala Markas PMI Babar mengimbau masyarakat Babar untuk tidak panik, tetap tenang, dan indahkan anjuran pemerintah yakni ikuti protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. “Jangan lupa selalu berdoa, agar wabah ini segera sirna dari muka bumi ini,” ujar Dery.

Sementara itu, dari data covid19.babelprov.go.id, sampai dengan Rabu 6 Mei 2020, khusus untuk Kabupaten Bangka Barat, positif Covid-19 sebanyak 15 orang, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 41 orang, orang tanpa gejala (OTG) 23 orang, dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 4 orang.(Andi/Idris/Ahmad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*