Breaking News
Home > Berita > PMI Babel Semprotkan 680 Liter Disinfektan ke Teluk Bayur dan Parit Enam

PMI Babel Semprotkan 680 Liter Disinfektan ke Teluk Bayur dan Parit Enam

Relawan PMI Babel menyemprotkan disinfektan ke wisma di Teluk Bayur. (Foto: Dok. PMI Babel).

PMI BABEL, PANGKALPINANG – Menutup kegiatan pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19), menjelang satu hari pelaksanaan Ibadah Puasa Ramadan 1441 H, Palang Merah Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (PMI Babel) menyemprotkan sebanyak 680 liter cairan disinfektan ke area Wisma Teluk Bayur, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan, dan Wisma Parit Enam, Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang.

Selain Teluk Bayur dan Parit Enam, Tim Relawan PMI Babel juga menyemprotkan cairan disinfektan ke kawasan Pasir Padi, Kelurahan Tamberen, Kecamatan Bukit Intan, serta kawasan Pasar Ikan, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Bukit Intan Pangkalpinang.

Tak sebatas penyemprotan cairan disinfektan, Tim Relawan PMI Babel yang berjumlah 10 orang personel, pada Rabu (22/4/2020), juga melakukan promosi kesehatan ke sebanyak 110 warga yang berada di empat lokasi sasaran penyemprotan disinfektan.

Kepala Markas PMI Babel, Mardani mengatakan, PMI Babel yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Babel, untuk Kamis (23/4/2020) hingga hari pertama Ibadah Puasa Ramadan mengistirahatkan dulu relawan yang bertugas melakukan pencegahan COVID-19.

“Untuk itu, sebagai penutup giat cegah COVID-19 menjelang Puasa Ramadan, PMI Babel sengaja memilih empat lokasi di atas sebagai target penyemprotan disinfektan dan promosi kesehatan. Sebab, di lokasi tersebut, kita tahu semua, setiap hari menjadi pusat kumpul banyak orang melakukan aktivitas,” ujar Mardani.

Penyemprotan disinfektan ke kawasan Wisma Parit Enam. (Foto: Dok.PMI Babel).

Mardani berharap, dengan adanya semprotan disinfektan sekaligus promosi kesehatan dari tim relawan PMI Babel, seperti menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mencuci tangan pakai sabun menggunakan air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter antara sesama warga, tetap di rumah, dan selalu memakai masker saat di luar rumah, mampu memutus rantai COVID-19 yang diketahui saat ini telah menjadi pandemi.

“Untuk membantu kelancaran tim relawan, PMI Babel dibackup dengan kendaraan operasional PMI Babel, yang terdiri dari 1 unit pickup gran max, dan 1 unit mobil KIA,” kata Mardani.

Mardani menambahkan, selain relawan PMI Babel, di hari yang sama PMI Bangka Tengah dan PMI Bangka Barat juga melakukan giat penyemprotan cairan disinfektan sembari promosi kesehatan kepada warga yang menjadi sasaran penyemprotan. (Idris/Ahmad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*