Breaking News
Home > Berita > PMI Babel, Sumatera dan Kalimantan Rakor Covid-19 Bersama PMI Pusat Via Vicon

PMI Babel, Sumatera dan Kalimantan Rakor Covid-19 Bersama PMI Pusat Via Vicon

Sekretaris PMI Babel Mardani saat Rakor bersama PMI Pusat melalui Video Conference di Markas PMI Babel, Sabtu (28/3/2020).(Foto: Dok. PMI).

PMI BABEL, PANGKALPINANG – Langkah nyata menindaklanjuti imbauan pemerintah agar tidak melakukan pertemuan dengan jumlah orang yang banyak, telah diterapkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI).

Pada Sabtu (28/3/2020) siang hingga sore misalnya, PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), PMI Se- Sumatera dan Kalimantan, Rapat Koordinasi terkait Virus Corona (Covid-19) dan rencana aksi ke depan bersama PMI Pusat via Video Conference (Vicon).

Rakor via Vicon tersebut, di pimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said dan dipandu Kadiv PB PMI Pusat, Arifin Muhammad Hadi.

Untuk Babel dihadiri Sekretaris PMI Babel, Mardani, Kabid Relawan Faiz Marzuki, dan Kabid Kominfo PMI Babel, Ahmad S.

Sebelum memberikan pengarahan, Sekjen Kadiv PB PMI Pusat mendengarkan laporan dari masing-masing Pengurus PMI yang ada di Sumatera termasuk PMI Babel dan PMI Kalimantan terkait situasi terkini dan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh PMI Provinsi yang ada di Babel dan Sumatera dan Kalimantan.

Arifin Muhammad Hadi mengatakan, PMI dalam hal Covid ini, tidak menjadi penyemprotan disinfektan sebagai prioritas kegiatan, namun lebih kepada promosi kesehatan dan edukasi masyarakat.

Kepada PMI Provinsi, Ia mendorong untuk fokus kepada orang yang sehat, dengan mensosialisasikan mengenai kesehatan bagi masyarakat.

Berkenaan dengan Covid-19 ini, dalam upaya membantu pemerintah, PMI Pusat akan memberikan bantuan mobil terbuka yang khusus untuk mengangkut peralatan disinfektan.

Sementara itu, Ketua PMI Babel Abdul Fatah diwakili Sekretaris PMI Babel Mardani mengatakan, saat ini PMI Babel melalui relawan telah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas publik, mulai sarana pendidikan, kesehatan, rumah ibadah, kantor pemerintah maupun swasta.

Melalui Vicon itu, Mardani berharap adanya bantuan dari PMI Pusat berkenaan dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, termasuk masker.

Mardani juga mendukung adanya Rakor yang digelar PMI Pusat lewat Vicon, di tengah mewabahnya Covid-19. “Kegiatan semacam ini, juga akan kami (PMI Babel-red) terapkan dengan PMI Kabupaten/Kota,” ujar Mardani.(Idris/Ahmad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*