Breaking News
Home > Berita > PMI Belitung Semprotkan Disinfektan ke Perkantoran di Tanjungpandan

PMI Belitung Semprotkan Disinfektan ke Perkantoran di Tanjungpandan

Relawan PMI Belitung menyemprot ruangan kerja Perangkat Daerah Belitung.(Foto: Dok.PMI).

PMI BABEL, BELITUNG – Upacara pencegahan terhadap penyebaran Coronavirus disease (Covid-19) juga dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belitung.

Seperti Jumat (20/3/2020), PMI Belitung bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, menerjunkan sejumlah relawannya untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah perkantoran pemerintahan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Perkantoran yang jadi sasaran aksi semprot disinfektan tenaga kemanusiaan dari PMI Belitung itu, dikatakan Kepala Markas Belitung, Bustam, adalah Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Dispendapatan Daerah, Inspektorat dan Kantor Bappeda Kabupaten Belitung.

Relawan PMI menyemprotkan disinfektan di pekarangan PN Tanjungpandan.(Foto: Dok.PMI)

“Giat ini kami lakukan sebagai tindaklanjut salah satunya Instruksi PMI Pusat dan PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), untuk melaksnakan penyemprotan disinfektan ke sejumlah lokasi tempat perkumpulan orang, baik di perkantoran maupun tempat-tempat publik lainnya,” jelas Bustam.

Menurut Bustam, meski dengan keterbatasan personel dan peralatan yang dimiliki, namun PMI Belitung siap untuk kembali menerjunkan relawan untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan beberapa hari ke depan, agar penyebaran Covid-19 dapat dicegah atau diminimalisir.

“Ini merupakan kerja bersama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Belitung. Saat ini, terdapat 16 orang ODP dan 5 orang PDP yang sedang menjalani isolasi di RSUD Marsidi Djudono Kabupaten Belitung,” sebut Kepala Markas PMI Belitung, Bustam.

Di tempat terpisah Ketua PMI Provinsi Babel yang juga Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah mengimbau masyarakat di Babel untuk melakukan langkah pencegahan penyebaran Covid-19, dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Babel untuk menjaga keamanan diri kita, keluarga dan kerabat dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah dan lingkungan kerja sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran Covid-19, sehingga tempat kita kerja dan tempat berkumpul keluarga aman dan terhindar dari bahaya penyebaran Covid-19,” kata Abdul Fatah.

Terkait dengan penggunaan cairan disinfektan, Abdul Fatah menegaskan, masyarakat dapat membuat dan melakukan penyemprotan secara mandiri dengan menggunakan cairan pembersih.

“Untuk cairan disinfektan dapat dibuat secara mandiri menggunakan cairan pemutih (Bleaching), pembersih lantai ataupun karbol yang dicampurkan dengan air dengan komposisi yang ideal,” saran Abdul Fatah.

Komposisi ideal dalam pembuatan larutan disinfektan, untuk penggunaan cairan pemutih, dijelaskan dia, yakni 1 liter cairan dicampurkan dengan 10 liter air, pembersih lantai sebanyak 1 tutup botol per 5 liter air, dan karbol dengan takaran 2 sendok makan per 1 liter air.

Untuk penyemprotan disinfektan ini, ditambahkan Abdul Fatah, masyarakat tidak harus bergantung kepada pemerintah atatu Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang telah terbentuk.(Idris/Ahmad).

Penyemprotan tangga naik Perangkat Daerah Belitung oleh relawan PMI Belitung.(Foto: Dok. PMI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*