Breaking News
Home > Berita > Puluhan Bangunan di Pangkalpinang Diterjang Puting Beliung, Relawan PMI Babel Gercep

Puluhan Bangunan di Pangkalpinang Diterjang Puting Beliung, Relawan PMI Babel Gercep

Relawan Posko PB PMI Babel membersihkan pohon tumbang akibat hantaman angin putting beliung, Kamis (9/9/2022).

PMIBABEL, PANGKALPINANG – Puluhan bangunan berupa rumah hingga sekolah yang tersebar di sejumlah kelurahan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jumat (9/9/2022) diterjang Angin Puting Beliung.

Berdasarkan data yang disampaikan BPBD Provinsi Babel, total 91 bangunan yang terkena bencana alam itu terdapat di Kelurahan Sriwijaya 4 Rumah, Kelurahan Melintang 11 Rumah, Kelurahan Pintu Air 50 Rumah dan 1 SD (SDN 43), Kelurahan Paritlalang 21 Rumah, RT 06 RW 02 Kelurahan Kampung Bintang 1 Rumah, Kelurahan Gajahmada  1 Rumah, dan Musala Nurul Ilmi Kelurahan Kejaksaan.

Selain terjangan langsung dari Angin Puting Beliung, kerusakan atap-atap rumah warga, sekolah hingga musala itu, juga disebabkan adanya pohon yang ditumbang dan menimpa rumah warga.

Atas periswa yang terjadi sekitar 13.45 Wib tersebut, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Babel Abdul Fatah melalui Kabid PB PMI Babel yang juga menjabat Kalahar BPBD Provinsi Babel, Mirkron Antariksa langsung menginstruksikan relawan PMI Babel bergerak cepat (gercep) ke lokasi kejadian perkara.

Salah Musala yang terdampak angin puting beliung Kamis (9/9/2022) di Pangkalpinang.

Enam Relawan dan Staf Bidang PB PMI Babel siang itu memberikan bantuan dengan turut membantu korban mengangkat dan membersih puing-puing atap maupun pohon akibat  dari keganasan Aingin Puting Beliung tersebut, terutama yang ada di wilayah Kelurahan Pintu Air. 

Beruntung dalam kejadian itu, tidak ada korban jiwa. “Terima kasih kepada Relawan dan Staf PB PMI Babel yang tergabung dalam Tim Posko PMI Babel, telah gerak cepat membantu korban Angin Puting Beliung di Pangkalpinang,” kata Kabid PB PMI Babel Antariksa.

Pihaknya melalui Posko PMI Babel selalu siap menerjunkan relawan PMI untuk membantu para korban bencana yang ada di Babel.

Salah satu rumah terdampak puting beliung di Pangkalpinang, Kamis (9/9/2022).

Tetap Waspada

Kabid PB PMI Babel merangkap Kalahar BPBD Provinsi Mikron Antariksa mengimbau kepada masyarakat Babel untuk tetap mewaspadai potensi hujan sedang – lebat disertai petir dan angin kencang.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG untuk Wilayah Bangka Belitung 10 September 2022 berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul  05:40 WIB di Belinyu, Bakam, Riau Silip, Puding Besar Kabupaten Bangka; Toboali, Lepar Pongok, Tukak Sadai, Air Gegas, Kepulauan Pongok Bangka Selatan.

Selanjutnya Mentok, Simpang Teritip, Kelapa, Tempilang, Jebus, Parittiga Bangka Barat dan sekitarnya; Kemudian Kabupaten Belitung terjadi di Tanjung Pandan, Membalong, Selat Nasik, Badau;  Kabupaten Bangka Tengah di Lubuk Besar.

Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 08:30 WIB Sabtu 10 September 2022.

Penulis: Zul

Foto    : Zul

Editor : Ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*